Permainan Matematika-Menebak Tanggal Lahir Orang Lain

Ya, kali ini saya akan mencoba menuliskan sebuah permainan matematika yang sederhana tapi cukup menarik, karena dengan permainan ini anda bisa mengetahui tanggal lahir orang lain melalui perhitungan angka-angka. Ya, anda cukup ajak teman anda yang anda ingin ketahui tanggal lahirnya untuk bermain dengan angka bersama anda, lalu anda dapat mengetahui tanggal lahirnya, mudah bukan?

Begini, misalnya anda memiliki seorang yang sedang ditaksir lalu anda tidak mengetahui hari ulang tahunnya, maka anda dapat menggunakan permainan ini untuk mengetahui hari ulang tahunnya.

Begini caranya

Pertamax

Ada tiga option yang harus dipilih salah satu pada langkah pertama ini:

1. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) cukup pandai dalam menghitung, maka suruh dia memegang kertas/buku beserta pulpen (untuk coret-coretan menghitung tentunya)

2. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak cukup pandai dalam berhitung, maka suruhlah dia memegang kalkulator(untuk digunakan menghitung nanti tentunya)

3. Apabila teman anda (yang ingin anda ketahui tanggal lahirnya) tidak bisa berhitung sama sekali dan tidak bisa menggunakan kalkulator, mending jangan diteruskan permainan ini, soalnya nanti sia-sia saja (ya iya lah?) :lol:

Kemudian

Suruh teman anda untuk melakukan perhitungan ini:

A. mengalikan tanggal lahirnya dengan 5 (tanggal lahir dia X 5)

B. hasil perhitungan pada langkah A tambahkan dengan 6 (hasil A + 6)

C. hasil perhitungan pada langkah B kalikan dengan 4 (hasil B X 4)

D. hasil perhitungan pada langkah C tambahkan dengan 9 (hasil C + 9)

E. hasil perhitungan pada langkah D kalikan dengan 5 (hasil D X 5)

F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya

(NB: Januari=1, February=2, dst)

Setelah langkah A sampai dengan F selesai, mintalah teman anda untuk memberitahukan hasil perhitungannya kepada anda, lalu anda kurangi hasil yang diberitahukan teman anda itu dengan angka kunci, yaitu 165 (hasil perhitungan – 165) nah lalu anda sekarang sudah mengetahui tanggal lahir teman anda.

Contoh:

Hasil perhitungan tanggal lahir saya melalui langkah A sampai dengan F adalah 2767.

Hasil itu dikurangi 165 , jadi 2767-165 = 2602

yap 2602 itu menunjukan tanggal lahir saya, yaitu tanggal 26 bulan 02

Yap sekarang anda dapat mencobanya sendiri dan buat kagum teman anda. Selamat mencoba! :)

Download Soal Olimpiade Matematika SMA provinsi:
Klik Link berikut ini:
Download

About these ads

144 Responses to “Permainan Matematika-Menebak Tanggal Lahir Orang Lain”


  1. 1 kabarihari 14 Mei, 2008 pukul 11:20 am

    wew bener euy..
    dapet ginian darimana yak? Om Dedi corbuz itu dah tau blom ya? ;)

  2. 2 maxbreaker 14 Mei, 2008 pukul 11:47 am

    @kabarihari
    Dari sebuah buku milik Ibu saya :)
    Wah Om Dedi mah sekarang udah canggih, dari nomer hengpon saja beliau dapat meramal kan nasib seseorang :lol:
    jadi keknya yang begini mah kecil bagi Om Dedi, hehehehe :mrgreen:

  3. 3 hanggadamai 14 Mei, 2008 pukul 11:54 am

    wah diriku dah tauu..
    udah pernah jajal..
    gara2 dikerjain anak mate dikampus.. :P

  4. 4 maxbreaker 14 Mei, 2008 pukul 11:58 am

    wah ya ndak apa-apa Mas kalau sudah tau, hehehehe :)
    permainan angka memang menyenangkan :)

  5. 5 Xaliber von Reginhild 14 Mei, 2008 pukul 12:00 pm

    Wah, benar! Menarik juga. :mrgreen: Sayang saya sudah tahu tanggalnya X. :P

    Kalau dibikin jadi web application kayaknya asik juga ini. :P

  6. 6 Strife Leonhart 14 Mei, 2008 pukul 12:09 pm

    Wah ini sih mainan saya waktu SD! dulu pernah beli buku teka-teki & trik2 matematika kayak gini. asyik loh
    :D

  7. 7 Miakis 14 Mei, 2008 pukul 12:10 pm

    Aku nyoba pake tanggal ultah ku sendiri ternyata bener… BTW,, tanggal ultah kita cuma beda 2 hari duluan kamu loh…

  8. 8 maxbreaker 14 Mei, 2008 pukul 12:19 pm

    @Xaliber
    iya :) , tapi saya ga tau caranya buat web app…
    @Strife Leonhart
    Bermain dengan angka memang asik :)
    @Miakis
    wah, ultahnya 28 Feb ya?

  9. 9 BanNyu 14 Mei, 2008 pukul 12:53 pm

    Sip sip sip ….
    Nanti saya coba di kos an

    Salam kenal … ;)

  10. 10 gempur 14 Mei, 2008 pukul 12:55 pm

    Tips dan Trik yang bagus euuyyy… bisa dicoba nih.. makasih infonya… btw, setelah saya itung tanggal lahir saya kok selisih 3 ya? hehehehe… kali aja saya salah ngitung… hiks..

  11. 11 det 14 Mei, 2008 pukul 1:02 pm

    wah keren!
    :mrgreen:

  12. 12 sukabiru 14 Mei, 2008 pukul 1:14 pm

    wuih! keren!
    minta ijin bwd dpajang d bl0gq y mas
    0key? 0key?

  13. 13 takochan 14 Mei, 2008 pukul 1:39 pm

    mo nyobain sama mas nunu’ ah :oops: *diinjek* :lol:

  14. 14 DensS cessario 14 Mei, 2008 pukul 1:49 pm

    F. hasil perhitungan pada langkah E tambahkan dengan bulan kelahirannya << disini mulei keliatan tipuannya :D

  15. 15 ayaelectro 14 Mei, 2008 pukul 3:14 pm

    wah bener banget. asik deh bisa buat maen sama temen. haha.

  16. 16 Nazieb 14 Mei, 2008 pukul 3:23 pm

    Aduh mumet…
    Saya kan bukan pakar matematik kayak kamu :oops:

  17. 17 ardianto 14 Mei, 2008 pukul 4:24 pm

    Wee…
    Menarik nih…

    Pertanyaan kalau saya matematikawan:
    “Buktinya mana?”

  18. 18 mriza 14 Mei, 2008 pukul 4:32 pm

    Wadduh..
    pusing dah..
    Kayaknya lebih enak kalau tanya langsung aja gak pake tebak.. :P

  19. 19 FaNZ 14 Mei, 2008 pukul 4:46 pm

    eheuheueheuehue nice game
    saludd :D

  20. 20 Ahead 14 Mei, 2008 pukul 5:08 pm

    ooo… boleh dicoba…. tapi ga ada yang gua taksir…
    kalo mama boleh gak?
    kalo adek?
    kalo papa?
    eh … gua uda tau tanggal lahir mereka yak… eh aduh! siapa yah?? addduuuuhhhh!!!! stres ni mikirnya, bisa bantuin nyariin ga?

    above all, cool stuff bro!

  21. 21 achoey sang khilaf 14 Mei, 2008 pukul 5:30 pm

    baus bgt nih
    ngerjain orang ahhh :)

  22. 22 sukabiru 14 Mei, 2008 pukul 6:39 pm

    @maxbreaker
    ke-2 syarat sanggup aq penuhi.
    jd diijinin kn..

  23. 23 natazya 14 Mei, 2008 pukul 6:40 pm

    hue… repot… tanya aja langsung gimana? hehehe

  24. 24 Abeeayang™ 14 Mei, 2008 pukul 7:12 pm

    matur nuwun…..pareng…. :mrgreen:

  25. 25 WiZnu 14 Mei, 2008 pukul 7:21 pm

    permainan menarik neee patut di coba

  26. 26 nenyok 14 Mei, 2008 pukul 8:42 pm

    Salam
    hmm dah pernah nie, tapi lupa, jadi seneng deh nemu lagi :) trims ya

  27. 27 alisyah 14 Mei, 2008 pukul 8:57 pm

    berhasil, mantap euy…

  28. 28 cK 14 Mei, 2008 pukul 9:19 pm

    hehehe…dulu waktu kecil pernah diajarin kayak gini… :P

  29. 29 wawan 14 Mei, 2008 pukul 9:21 pm

    mas mbak ada paket wisata yang gak gratis..he, coba di http://www.kibchome.multiply.com wisata melihat BURUNG GARUDA DI ALAM..

  30. 30 Yari NK 15 Mei, 2008 pukul 8:34 am

    Dulu saya pernah juga diajari seperti ini tapi sekarang udah lupa lagi, juga waktu itu ada yang “meramalkan” hari dan bulan kelahiran menggunakan kartu yang berisi deretan angka2 (menggunakan penjumlahan sederhana saja). Kartunya bisa dibikin sendiri sih, gampang.

    Thanks ya udah mengingatkan lagi caranya! :D

  31. 31 kaveleri 15 Mei, 2008 pukul 9:32 am

    ini penyelesaian anak-anak sma dulu:
    misal tanggal lahir = t dan bulan lahir = b, dan x adalah angka yang dicari.

    maka:

    x = {[(5t + 6)4 + 9]5 + b} – 165
    = [(20t + 24 + 9)5 + b] – 165
    = (20t + 33)5 + b – 165
    = 100t + 165 + b – 165
    = 100t + b

    misalnya, tanggal lahir = 14 Maret, maka
    x = 100*14 + 3
    = 1400 + 3
    = 1403 (artinya tanggal 14 bulan 3)

    bagus sekali untuk membuat anak-anak mencintai matematika

  32. 32 sastroasmoro 15 Mei, 2008 pukul 3:30 pm

    Menarik sekali, ada banyak permainan angka yang saya kenal, yang ini baru. Dulu saya juga suka pakai cara-cara begini waktu ngajar anak2 SD biasanya mereka bosenan tapi dengan cara permainan begini mereka senang sekali, jadi pada merhatiin.

    Selain buat pacar… :) masih banyak kegunaan lainnya

  33. 33 Elys Welt 15 Mei, 2008 pukul 7:06 pm

    hebat .. hebat :)

  34. 34 Doy 15 Mei, 2008 pukul 7:46 pm

    Kayaknya cara tersebut diambil dari sebuah buku, cuman aku lupa bukunya. oo yaaa ku ingat. Buku itu berjudul “MathMagic”. Iya kan ?????

  35. 35 ILYAS AFSOH 15 Mei, 2008 pukul 8:51 pm

    thanks, sudah beri masukan buat adik-adiku di LBB BCC

  36. 36 mybenjeng 16 Mei, 2008 pukul 12:27 am

    boleh di coba neeh, makasih ya…

  37. 37 senny 16 Mei, 2008 pukul 11:08 am

    ribet yak??

    klo gue siy pengen tau tanggal lahir orang tanya aja langsung, gak usah pake yang kayak beginian

  38. 39 gamma 16 Mei, 2008 pukul 4:29 pm

    weitts..bagooossss…!! :D

  39. 40 realylife 17 Mei, 2008 pukul 4:38 pm

    kira2 ulangtahun saaya ketebak ngga ya ?

  40. 41 Mi_Chan 27 Mei, 2008 pukul 10:01 pm

    Boss…sdh ku coba. Tmen ku bengong…
    Wkwkwk…tengkyuu!
    *nyari tmen2 yg lain*

  41. 43 erik v 29 Agustus, 2008 pukul 5:35 am

    keren juga tu permainan!!!!!
    thanx yaaaaaa

  42. 44 Hmmm 19 Oktober, 2008 pukul 10:17 pm

    Bole”

    Plok…plok…plok

  43. 45 masno 25 Oktober, 2008 pukul 11:03 pm

    wah, canggih euy! ada permainan yang bisa nebak tahun lahirnya ga?

  44. 46 waty 13 November, 2008 pukul 10:16 am

    Q jg pernah dikirimin ma tmn Q sms tentang cara mencari tanggl, bulan n tahun kelahiran..
    Q nyoba hitung n pas banget hasilnya..
    tp udh kehapus..
    Ntar Q minta tmnQ ngirim lagi aza!

  45. 47 OCHy ^_^ 19 November, 2008 pukul 8:50 pm

    wAh pERmaiNAn-nYa Q-rEen jUGa…,tP…AnGkaNya kOk PulUhaN sMUa,cOBa kALau pERmaiNAn-nYa bISa mENebAk nUM HP oRG lAin…

  46. 48 Ja 26 November, 2008 pukul 10:51 pm

    GOOD…. Permainan ini kreatif mungkin ada yang bilang basih…
    tapi tetap aja kreatif….
    karena kmu orang yang mau berbagi!!!
    Tq Gbu

  47. 49 Ja 26 November, 2008 pukul 10:54 pm

    GOOD… Kmu orang yang kreatif,
    meski ada yang bilang ini hal yang basi,,,,
    tetap aja… kmu dapat ajung jempol karena mau berbagi untuk kemajuan matematika… Ok,,

  48. 51 danu 17 Desember, 2008 pukul 11:28 pm

    Intinya yang blm diket kan cmn tgl. Yg diket bln ama hsl perhitungan. Jd ttp aja rumus dasarnya, “x (mau dikali kek!, ditambah kek!dibagi,dipangkat, diakar) + bl(diketahui) = hsl (diketahui)”. Kurang seruu!!
    Ku kasih yang lbh seru :
    a. Joni punya uang ajaib yang bisa berkembang biak. Uang itu akan berlipat ganda setiap harinya, misal hari I 1, hari II 2, hari ke tiga 4, hari IV 8, dst.. Pada hari ke 234, uang itu bisa untuk membeli sebuah mobil. Pada hari ke berapa jumlah uang ajaib joni itu adalah setengah dari harga mobil ???
    b. Seekor siput memanjat sebuah tiang. Tinggi tiang = 12 meter,setiap pagi siput itu naik 4 meter, dan sorenya turun 3 meter. pada hari ke berapa siput itu sampai pada puncak tiang??? (hari pertama adalah hari ketika siput itu mulai memanjat)

  49. 52 nurhasnah 18 Desember, 2008 pukul 3:01 pm

    Subhanallah, matematika memang bikin kita asyik, apalagi sama Dia yang menciptakan makhluk yang bisa membikin kita jadi asyik, so … yakin banget kan kalau Dia emang paling oke? Btw teman2 netter,angka2 di atas bisa kita buat sesuka hati kita seperti mas Danu bilang di atas, kuncinya perhatikan KONSTANTA di akhir perhitungan kita yang pada contoh di atas “165”, silakan mencoba dengan angka lainnya asal tetap konsisten dengan aturan OPERASI BILANGANnya. Yuk .. semangat terus belajar matematika. Sukses ya.

  50. 53 Pendi 23 Desember, 2008 pukul 8:25 pm

    Permainanx keren banget….
    Om bisa dijelaskan ga…darimana asal angka 5,4,9,5.

  51. 54 za_eisha 3 Februari, 2009 pukul 12:23 pm

    Makacih…lumayan euy buat seru2an di kelas,biz muridQ bandel si…

  52. 55 Thomas 8 Februari, 2009 pukul 2:19 am

    Untuk pertanyaan Danu akan coba gue jawab kemungkinan bener sich…..25%. Tapi dari pada ga dijawab….

    a. sedang dipikirkan, coz pertanyaan itu adlh ttg faktor kelipatan and waktu pelajaran ntu gue kagak masuk…..gue tau caranya cuma cara praktisnya alias rumusnya gue ga tau.

    b. Jika seekor siput pada hari pertamannya memanjat 4 mtr pd pagi harinya tapi pada saat sore hari dia turun kembali alias merosot sejauh 3 mtr itu berarti dalam sehari dia hanya memanjat setinggi 1 mtr, dan jika tiang tsb adlh 12 mtr tigginya maka siput itu akan berada di puncaknya pada hari ke-12, hasil itu pun jika gangguan sekitar di abaikan misal, tuh siput lagi cape pengen istirahat dulu atau mungkin aja ada si danu nyenggol tuh siput and tuh siput jatuh ketanah itu artinya waktu nya bisa menjadi lebih lama lagi…

  53. 57 androt 12 Februari, 2009 pukul 1:08 pm

    ud tao ultahnye!

  54. 58 badoed 12 Februari, 2009 pukul 1:09 pm

    hohoho ! payah bener nii !!! hhohohoh

  55. 59 nezza 17 Februari, 2009 pukul 5:03 pm

    cape-capein ajaaaah>>…
    mending punya ke ahlian meramal aja dah..
    mana hujan
    gada ojek
    cuaapek jek..

  56. 60 yazid_iq 8 Maret, 2009 pukul 10:30 pm

    buaT yg CanggiH dikit lagi dunk………..!!!!

  57. 61 abiNg 9 Maret, 2009 pukul 7:32 pm

    wawawaw kerYen boss

  58. 62 may 12 Maret, 2009 pukul 10:51 pm

    kalo tanggal lahirnya diawal bulan seperti 1 januari, hasilnya tidak bisa mengikuti bentuk dd-mm

    mungkin salah satu kelemahannya ya?

  59. 63 sukir 28 Maret, 2009 pukul 9:26 am

    inti dari teka teki itu angka dikalikan seribu,

  60. 64 Salvian 26 April, 2009 pukul 6:15 pm

    Mas, ini analogi pemecahannya gimana sih? Saya butuh yang ginian nih, tapi pemecahannya gimana yah? Secepatnya mah

  61. 65 Cealfinz 7 Mei, 2009 pukul 12:55 pm

    Maaf,diKurang 165 itu dpt dari mana ya? :D
    mohon penjelasannya,karena saya msh Bodoh!
    Saya tunggu jawabannya Cealfinz8@yahoo.com
    Thankz

  62. 66 firman 22 Mei, 2009 pukul 4:00 pm

    siput …. kasian dech lho !!!!

    Siput pada hari ke 8 pasti sudah dapat ketingggian 11 meter ( dihitung dri hari ke tujuh yang total dapat 7 meter ), ya pastilah pada hari ke 9 si siput berhasil di tiang 12 meter.

  63. 67 firman 22 Mei, 2009 pukul 4:19 pm

    Nah aq juga punya permainan nich !!!!

    Aku punya 10 karung berisi emas,
    tiap-tiap karung berisi 100 koin emas,
    1 koin emas beratnya 1 gram.
    Tapi ada 1 karung yang berisi 100 keping tapi berat setiap kepingan cuma 0,98 gram.

    Nah berapa kali aku harus menimbang atau menentukan mencari karung yang setiap kepingan beratnya 0,98 tersebut ????

    Hayoooo

    majunresik@yahoo.com

  64. 68 razka 24 Mei, 2009 pukul 1:41 pm

    betapa bagusnya matematika….bisa mengatuhui segalanya apalagi bisa mengetahui umur,uang saku dan nomor kode pos seseorang yang kuta tidak tau

  65. 69 rio 31 Mei, 2009 pukul 1:12 pm

    apapun bobot materinya……aku salut ..atas pembagian ilmunya…..”ngenyek pancen gampang”

  66. 71 mr. gun 17 Juni, 2009 pukul 2:53 pm

    Namanya cuma permainan. Intinya menggeser tanggal lahir 2 digit ke depan. (kali 100 tentunya). sisanya buat bulan 2 digit. puluhan dan satuan. kalo ngerti logikanya mau dioperasikan dan angka berapa juga bisa bos.

  67. 72 mr. gun 17 Juni, 2009 pukul 3:02 pm

    @danu.
    – hari ke 233 kan besoknya naik 2 kali lipat. beli dimana koin kaya begitu??
    – siput udah dijawab.

    @firman
    – 1 kali saja nimbangnya. yang bingung tanya sama om firman ya.

  68. 74 apiqquantum 20 Juli, 2009 pukul 10:44 am

    Permainan memang selalu seru.
    Meski setiap orang bisa berbeda-beda.
    Sip, maju terus dengan beragam permainan!
    Salam…

  69. 75 Feri you 29 Juli, 2009 pukul 11:16 am

    Oiiii bener… Thanks Brother… kemarin malam tanggal 27 Juli 2009 saya ada liat the master di RCTI, Master Dedy ada tebak2 nama.. itu caranya gimana yah ??? ada yang tau ngak ?

  70. 76 sUsI93 28 September, 2009 pukul 6:07 pm

    cara menebak tanggal lahirnya sungguh luar biasa.
    hingga membuatkan sesuatu yang rahasia menjadi tidak rahasia lagi..
    lanjutkan..

  71. 77 MARIO™ 29 September, 2009 pukul 3:23 pm

    ASUUUUUUUUUU……………………

    TOCKCERRRR…………… ICG

    WAH
    MATEMATIKA SERUUUUUUUUUUUU,…………… ICG

  72. 78 JESSICA 30 November, 2009 pukul 9:27 pm

    yaa tp di wikimu.com kok beda ya caranya? tapi sy udh pernah main ini sama teman saya, dan ga dikasih tau gmn crnya. THX ya buat infonya, thanks!

  73. 79 eka 14 Desember, 2009 pukul 8:53 pm

    cool,, kerenz deh

    kalau bisa ilmu yang begini, pasti murid-muridku senang banget dengan matematika,,
    kirim dun ke emailku..

  74. 80 Arlina Chan 7 Januari, 2010 pukul 7:54 pm

    Bagus juga….
    Boleh dong diambil buat tuga…!

  75. 81 achmad ilham nurgina 16 Januari, 2010 pukul 3:12 pm

    maaf ya kalo menyingung. q sih dah bisa malah lebih banyak pengetahuan q. salah satunya ini.
    MENEBAK ANGKA PIKIRAN

    -pikirkan angka
    -kalikan dengan 3
    -tambahkan dengan 9
    -bagi kan dengan 3
    -tambah 12
    -mintakan hasilnya

    —-hasilnya yaitu {hasil diatas – 15}

    kalo tdk percaya coba sendiri

  76. 82 Lavender_Indigo_Hinata 11 Februari, 2010 pukul 1:41 pm

    Aku juga punya sulap nih!
    Umurmu, kali 2 (X2), tambah 15 (+15), kurang sebelas (-11), bagi 2 (:2), kurang umurmu!!! Pasti hasilnya 2.
    Contoh; misalnya,,,umurku 16×2=32+15=47-11=36:2=18-16=2! Cobalah dengan umur-umur lain. Misalnya;;; 13, 19, 27, dll…
    Hasilnya pasti 2!!! ^_^
    Silahkan mencoba!!! ^_^

  77. 83 Lavender_Indigo_Hinata 12 Februari, 2010 pukul 10:29 am

    Bagus…Desu! Aku sudah pernah coba….Hehehehe….Keren, mantap, bagus, dll. Bagus buat ngerjain orang, nich! ^_^

  78. 84 RIZKA 21 Februari, 2010 pukul 1:27 am

    terbukti lho…

  79. 85 nadilla 28 Februari, 2010 pukul 10:33 am

    umurku 15×2=30-5=25-5-20-5=15-3=12
    itu lah hsl umurku

  80. 86 agnes 21 Maret, 2010 pukul 3:48 pm

    hebat bgt…!!kirimin ke E-mailku dong!!!

  81. 87 agung ngurah 22 April, 2010 pukul 2:07 pm

    Matematika yg rumit jadi indah dengan teka-teki …

  82. 88 anindita 11 Juni, 2010 pukul 10:23 pm

    canggih canggih canggih

  83. 89 dani 14 Juni, 2010 pukul 6:42 pm

    cara buat ny gmn ya???…eh

  84. 90 Sarah 22 Juni, 2010 pukul 10:36 am

    wahhhh aku dah tau nih gimana caranya…………….

    sekarang aku tinggal mencoba dengan teman2 nihhhh……..

    kalau main gini seru bangetttttttt

    aku jadi tau ultahnya si dia nihhhhhhhhhhhhhh

  85. 91 anhar 23 Juni, 2010 pukul 2:10 pm

    gooooood
    bwt lg ya permainan baru biar nambah oke

  86. 92 anhar 23 Juni, 2010 pukul 2:11 pm

    goooood
    bwt la ya permainan baru……
    biar nambah oke

  87. 93 diaz 30 Juni, 2010 pukul 6:34 pm

    good buanget

  88. 94 sanjali 2 Juli, 2010 pukul 8:44 am

    keren abiz ,,,……
    w aja yang mat’y 10.00 gak kepikiran kayak gtu
    kayaknya yang bikin mang rang hebat
    hebat”……….
    permainan yang lainnya dong hehehehe ???????

  89. 96 renkuon 28 Juli, 2010 pukul 10:40 am

    Alhamdulillah, subhanallah..bisa berkumpul dengan orang-orang yang menyenangi matematika…inilah inspirasi luar biasa… matematika merupakan bentuk peradaban umat ISlam yang kemudian terus menyebar hingga menggelegar ke seluruh penjuru dunia…islam itu indah menjadikan segala yang bersentuhan dengannya menjadi Inspirasi..

    Matematika…I love U..Islam We need U.

  90. 97 jerniawan 30 September, 2010 pukul 11:53 am

    ada cara yg lain om???
    gw mau belajar neh trik-trik matematika…..

  91. 98 om mtk 19 Oktober, 2010 pukul 8:45 pm

    ada saya punya cara lain 1X1+4X5=

  92. 99 novia ayue 20 Oktober, 2010 pukul 2:59 pm

    wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.
    ………………………………
    betul x
    betul…..
    betul…..
    betul……….

  93. 100 samirah 4 November, 2010 pukul 7:11 am

    eeerrrrrrrr……………
    blh lh than betol dear………

  94. 101 siska 6 November, 2010 pukul 4:44 pm

    dulu waktu aku msh smp/sd juga pernh tebak-tebakan angka tapi bukan tebak tanggal lahir melainkan tebak jawaban angka yg telah dipilih sama orang yang kita tebaki tapi kita tidak tahu angka berapa yang ada dalam pikirannya itu ato yg dipilihnya. prosesnya cukup mudah (perkalian, penjumlahan, pengurangan dn pembagian). tapi sekarang aku kok malah lupa carana gimana.
    kalo kamu pernah melakukan tebak angka yg kyk aku itu, tolong donk kaci tau gmn caranya (coz aku lupa………..)
    makasih sebelumnya ya………..

  95. 102 markus 15 November, 2010 pukul 3:50 pm

    betul uy pintar juga yg buat ini

  96. 103 Julianti 7 Desember, 2010 pukul 10:18 am

    Seru-seru permainannya.. hahaha

  97. 105 arifin 30 Januari, 2011 pukul 8:21 am

    tidak berlaku untuk tgl 24 bulan 12

  98. 106 prengki 19 April, 2011 pukul 9:44 pm

    siputnya gak nyampe2 kpuncak dunk,,,,
    kan hari kdelapan dy kmbali ke 8 meter,,,
    so, tu siput gak nyampe2….

  99. 107 Dharma 22 April, 2011 pukul 2:49 pm

    keren_keren_keren…!!!!

  100. 108 dhenara 29 Mei, 2011 pukul 7:11 pm

    perasaan jawaban nya g pernah ketemu dweh, tanggal lahir saya adja yg harus ny 9 agustus malah jadi 9 september, tanggal lahir papah saya adja yg harus ny tanggal 13 februari malah 13 januari, gimana ch ????? aneh tau, truz kalo yg hasil blakang ny 00 gmn ???????

  101. 109 vetyrisky@yahoo.com 29 Juli, 2011 pukul 6:59 pm

    hihi kok mudah amat sih akukan udah smk kls3 haha

  102. 110 vetyrisky@yahoo.com 29 Juli, 2011 pukul 7:02 pm

    hehehe aku ini sering loe renking satu tapi bukan aku sombong karna aku rajin belajar loe hehehehe:-) hehehe:-D :-))

  103. 111 bobi 4 Agustus, 2011 pukul 3:42 pm

    kerenzz……
    bank aq jg pnya rumus pikirin angka kliin 5 kli 9 kli 3 kli 6 kli 8 kli 0 kli 3 hsile 0 he22

  104. 112 INDARTI AGUSTINA 2 Oktober, 2011 pukul 2:28 pm

    APA BENAR SIH?
    JANGAN BOHONG YA SERIUS YA SOALNYA TEMAN SAYA TIDAK TAU TANGGAL LAHIRNYA SAYA JADINYA MAU MENCOBA AHH!

  105. 113 mbembes 13 Oktober, 2011 pukul 3:52 pm

    hanya permainan aljabar biasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…….
    Bisa dibuat dengan cara penghitungan yang lain kok

  106. 114 renges 20 Oktober, 2011 pukul 6:35 pm

    cara yg lebih mudah da ga sihhh…..

  107. 115 Asezao 30 Oktober, 2011 pukul 10:01 pm

    Ad prmainan mtk yg lainya lg g?

  108. 116 annisa 4 November, 2011 pukul 10:46 am

    SAYA KAN MASIH ANAK2 MANA SAYA NGERTI KAYA GINI!!!!!!!!!

  109. 117 annisa bila 16 November, 2011 pukul 3:09 pm

    Bagus banget permainannya.. seru……….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! Udah q coba and hasilnya betul…. sukses selalu ya…

  110. 118 annisa bila 16 November, 2011 pukul 3:19 pm

    q bisa loh…….. jangan salah…

  111. 121 Foezy 21 November, 2011 pukul 6:16 pm

    HMMMMM bAGUUUUUUUUUUUS

  112. 122 leejongho 2 Januari, 2012 pukul 1:35 pm

    hmmmmm bagus tetapi ini terlalu ribet untuk anak anak hehehe

  113. 123 leejongho 2 Januari, 2012 pukul 1:37 pm

    hmmmmm bagus tetapi terlalu ribet untuk anak anak hehehe

  114. 124 munif 4 Januari, 2012 pukul 6:10 pm

    blogwalking
    salam kenal
    bagus gan….

  115. 125 predator 5 Februari, 2012 pukul 6:08 am

    kenapa harus dikurangi 165???????

  116. 127 rani doanl 16 Februari, 2012 pukul 6:16 pm

    wahh,,,, asyikk juga y … permainannya!!!uuu
    ssssssssssssseeeerru…..

  117. 128 saskiaclalu menunggu 24 Februari, 2012 pukul 2:28 pm

    I jg dah tau dari majalah anak2 :-)

  118. 129 inda indrawaty 13 Maret, 2012 pukul 8:36 am

    ;ooooooooo

  119. 130 parawali 14 September, 2012 pukul 7:37 pm

    masih ada nggak lebih sulit untk di curiga ii orank soalnya aku khand juga pecinta matematika is very very very very very very gggggggggggggoooooooooooooddddddddddddddddd

  120. 131 parawali 14 September, 2012 pukul 8:03 pm

    saya juga punya coba lakukan langkah-langkah berikut:

    1. Tgl lahir di tambah 5

    2. Di kali 25

    3. Di kurang 100

    4. Di kali 4

    5. Di tambah Bln lahir

    6. Di kali 5

    7. Di tambah 115

    8. Di kali 40

    9. Di tambah 90

    10. Di bagi 2

    11. Di tambah Thn lahir

    Minta teman kamu tadi untuk menyebutkan hasilnya. setelah itu kamu cukup dengan berpura-pura berfikir, padahal kamu mengurangi hasil yang disebutkan teman kamu tadi dengan 12345. -Cara menebak Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir Seseorang-

  121. 133 ZULFA DHINA 25 September, 2012 pukul 5:44 pm

    13 maret 2011 pada 2:13 pm

  122. 134 meidi antoni 1 Oktober, 2012 pukul 11:56 pm

    Ah u tolok y? Hsil yg d kan dkali 5, mana ad blangan dklikan 5 hasil blakangnya pasti 5 bkan 7. Ga bsa itung y mas

  123. 135 Smansa_Muammar 22 Oktober, 2012 pukul 5:37 pm

    hahaha thankzz gan atas infonya,,

  124. 136 cynthia ajeng 8 Januari, 2013 pukul 8:30 pm

    wahh,,, permainannyaaaaaaaa,,, top bgttt,,,,
    bagusss,,,

  125. 137 FARIQ 20 Februari, 2013 pukul 2:44 pm

    masi kurang tahun nya belum tahu bos……………..

  126. 138 lily cahya safitri 2 Maret, 2013 pukul 10:50 pm

    hebattttttttttt sekaliiiiiiiiiiiii

  127. 141 afny putri tanjung 28 Januari, 2014 pukul 9:25 pm

    gak ngertinih gimanacarannya? ^_^

  128. 142 huda 7 Juli, 2014 pukul 3:19 pm

    hahaha
    keren”


  1. 1 Menebak Tanggal Lahir Teman « Maski Azizah's Blog Lacak balik pada 13 Maret, 2011 pukul 2:13 pm
  2. 2 tentang Matematika « oliphoph™ Lacak balik pada 12 Desember, 2012 pukul 8:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Sang Penulis

Fadhil Tresna Nugraha
Mahasiswa Teknik Elektro UGM tingkat akhir, masih berkutat dengan skripsi, dan sedang dalam perjalanan mewujudkan legenda pribadi

Hubungi Saya

Chat with me @yahoo messenger ( id = fadhil_te09 )

Peringkat Blog (Se-Indonesia)

Maxbreaker Rank

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 112,664 kali

blogger cilacap


Photobucket

Arsip


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: