Saya Prihatin….

Tadi pagi pada saat pelajaran Bahasa Indonesia di kelas saya, materinya menyimak. Saat itu Ibu Guru kami membacakan cerita “Angin dari Gunung” cerpen tersebut karya dari AA navis. Di cerpen tersebut diceritakan tentang penderitaan seorang veteran pejuang kemerdekann yang dulunya menjadi seorang sukarelawati pejuang. Tangannya buntung, dan semua orang melihatnya dengan jijik. Yah, sungguh malang sekali.

Kemudian Ibu Guru menceritakan nasib para pejuang kemerdekaan di masa sekarang ini. Keadaan mereka banyak yang memprihatinkan. Ada yang mendapat uang pensiunan, tapi jumlahnya sangatlah tidak layak mengingat jasa mereka yang sangat besar bagi bangsa ini. Bahkan banyak dari mereka yang tidak mendapat uang pensiunan atau santunan sepeser pun! Untuk mengambil uang pensiunan pun kadang birokrasinya rumit dan dibuat susah! Ya, saya pun pernah melihat acara di TV yang menayangkan kehidupan veteran pejuang kemerdekan, kehidupannya sungguh memprihatinkan! Mereka hidup dalam kemiskinan dan himpitan ekonomi. Ini sungguh tidak adil! Dulu mereka mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa ini, tapi sekarang mereka banyak yang dilupakan begitu saja dan hidup dalam kehidupan yang memprihatinkan. Apakah bangsa ini sudah tidak menghargai para pahlawannya?

Bandingkan dengan para Anggota DPR! Mereka mendapat gaji yang terlampau besar, yang tidak sebanding dengan hasil kerja mereka!

Yah, para pejuang kemerdekaan dulu mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa ini. Tapi apa yang mereka dapatkan? Uang pensiunan yang tidak cukup buat makan, dilupakan jasa-jasanya, dan tidak dianggap lagi….

Sedangkan para Anggota DPR? Apa kontribusi nyata mereka bagi bangsa ini? Apa yang mereka telah korbankan demi bangsa ini? Apa hah? Tidak ada khan? Tapi apa yang mereka dapatkan? Gaji yang melebihi batas, fasilitas yang serba mewah, tunjangan yang besar, dll.

Ini sungguh tidak adil! Para pejuang kemerdekaan lebih layak mendapatkan semua itu dibandingkan para Anggota DPR!

Ah, bangsa ini memang aneh, penuh ketidakadilan dan sulit dimengerti….

Iklan

16 Responses to “Saya Prihatin….”


  1. 1 goop 2 Februari, 2008 pukul 10:06 am

    Katanya memang keadilan sekarang ini dianggap sepi….
    *quote dari Bang Iwan*

  2. 2 missglasses 2 Februari, 2008 pukul 11:23 am

    makanya skrg ngga ada yg mau jd pejuang yg bener” memperjuangkan rakyat, wong gajinya kecil, bahkan jauh dari cukup. mending jadi anggota dpr dah, paling gitu mikirnya.

  3. 3 takochan 2 Februari, 2008 pukul 11:29 am

    Dan hebatnya para veteran itu jarang menuntut apapun lho dari negara…
    salah satu cara belajar ikhlas ya dari mereka itu..

  4. 4 tan andalas 2 Februari, 2008 pukul 4:35 pm

    Apa kontribusi nyata mereka bagi bangsa ini?

    ini juga yang jadi pertanyaan saya selama ini, jadi sebenarnya anggota DPR itu penting ga sih?

  5. 5 Xaliber von Reginhild 2 Februari, 2008 pukul 8:13 pm

    Rasa-rasanya di negara lain juga banyak yang seperti itu… veteran perang terabaikan, padahal tanpa tentara maka tak ada yang menjaga keamanan nasional. 😐

    Kenapa veteran perang selalu terlupakan ya? Apa karena sudah dianggap pensiunan jadi tak berguna lagi?

  6. 6 StreetPunk 2 Februari, 2008 pukul 11:13 pm

    Begitulah nasib para veteran perang 😐 .
    *bersiap-siap mengajukan tulisan ini ke DPR 😈 *

  7. 7 maxbreaker 3 Februari, 2008 pukul 1:35 am

    @goop
    bener juga, sekarang yang rame memang ketidakadilan…
    @missglasses
    yup bener, contohnya polisi yang harusnya melindungi masyarakat malah jadi lembaga terkorup di negri ini, sungguh memprihatinkan…
    @takochan
    yah kita memang harus meneladani sikap mereka itu…
    @tan andalas
    penting ko, tapi asal kerjanya bener, kaya parlemen Amerika gitu…
    @Xaliber von Reginhild
    yah begitulah, habis manis sepah dibuang…
    @StreetPunk
    Diajukan ke DPR? Wah jangan dong bro, ntar lo saya dituntut gimana?

  8. 8 cK 3 Februari, 2008 pukul 8:56 am

    kayaknya soal ini udah nggak asing lagi disini… 😐

  9. 10 ayaelectro 3 Februari, 2008 pukul 12:22 pm

    hidup in emang gak adil. keadilan bisa didapetin kalo kita udah melakukan segala hal buat mempertahankan apa yang bisa dibilang hak kita.

  10. 12 Mihael "D.B." Ellinsworth 3 Februari, 2008 pukul 4:37 pm

    Begitulah, dunia tidak adil. Apabila dunia ini seimbang, maka sudah seharusnya menjadi utopia. 😕

  11. 13 Nazieb 4 Februari, 2008 pukul 1:56 pm

    Lha masalahnya yang jadi DPR itu ndak ikut perang, jadi ndak paham, pas pelajaran sejarah dulu saja kerjaannya bolos, kalo nggak gitu ya molor..

  12. 14 noenam 4 Februari, 2008 pukul 2:54 pm

    Yah itulah hidup. Awalnya kita memperjuangkan nyawa demi negara dan akhirnya seperti itu. Bukan artinya emang kita ingat2 jasa ya tapi emang nampaknya sangat sulit kita utk menghargai seseorang. Coba deh kita liat dan refleksi diri kita sendiri. mungkin emang enak ya cuma lihat dan komentar ttg sesuatu hal tapi apa kita juga sudah bisa menghargai org juga?apa kita sudah bilang makasih pada saat org berbuat baik ke kita?? ada banyak cara kita berterimakasih kepada org2.

  13. 15 maxbreaker 7 Februari, 2008 pukul 10:48 am

    @ayaelectro
    keadilan sejati hanya bisa didapat di hari akhir kelak…
    @Nazieb
    betul, mereka itu taunya cuma enaknya saja…
    @noenam
    ya saya juga masih dalam tahap belajar dalam hidup..

  14. 16 Lockon Stratos a.k.a. Tendo Soji 8 Februari, 2008 pukul 7:47 pm

    Karema mereka masih aktif kan….

    Lagipula kalau mau coba ngerasain kayak apa kerjaan mereka, coba aja jadi anggota dewan!

    :mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 154,390 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: