Obrolan Kecil di Sekolah

Ya, tulisan saya kali ini berisi sebuah percakapan yang terjadi di lingkungan sekolah. Obrolan ini berdasarkan kisah nyata dan dirubah seperlunya demi kenyamanan pembaca. Dimana penafsiran, kesimpulan, ataupun pandangan terhadap obrolan di bawah ini diserahkan sepenuhnya kepada para pembaca sekalian. Read and enjoy 🙂

Pelaku (Bukan nama sebenarnya ): Ipu, Ilad dan Nau

Ipu : “Eh kamu tau gak si Iraz, kakak kelas kita yang tahun lalu ga lulus ujian nasional itu?”

Nau : “Iya tau, emang kenapa?”

Ipu : “Kabarnya dia tu selama ujian ke-PD-an, dan sombong, maksudnya dia ga mau contek-contekan atau sekedar nanya cara ngerjain(matematika) ke teman di sekelilingnya. Jadilah nilainya dia ga cukup buat lulus.”

Nau : “Wah, gob**k bener tuh dia, PD banget sih dia pake ga nyontek padahal kemampuannya kan pas-pasan”

Ipu :”Iya emang, setelah ga lulus aku jamin dia baru nyesel”

Ilad : “Wah, kalau menurut aku sih dia dah bener tuh, walau ga lulus kan yang penting dia dah bekerja keras dengan kemampuannya sendiri, tanpa nyontek. Menurutku ujian dengan jujur(kerjakan sendiri tanpa nyontek) lalu ga lulus itu lebih baik daripada ujian dengan banyak nyontek lalu lulus. Lulus dengan nyontek? Gak banget deh buatku!”

Ipu : “Ah sok banget sih kamu Lad? Kalau memang anak udah pinter sih ga perlu nyontek lagi buat lulus, Tapi kalau yang otaknya pas-pasan? Ya terpaksa nyontek lah! Kamu bisa bayangin ga gimana perasaan orang tua kita kalau kita ga lulus sekolah?”

Dau :”Betul Pu, lagian kalau buatku, aku nyontek juga demi kebaikan kok!

Ilad :”Loh, nyontek demi kebaikan itu gimana maksudnya?”

Dau :”Maksudku, aku nyontek demi mendapatkan nilai bagus, kalau nilaiku bagus dan aku lulus khan orang tuaku bahagia, jadi kesimpulannya aku nyontek agar orang tuaku bahagia! Bukankah sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk membahagiakan orang tuanya?”

Ilad :”Tapi kamu bisa menempuh jalan lain kan selain dengan nyontek? kamu bisa belajar keras daripada nyontek kan?

Dau :”Percuma aja Lad, Aku ini otaknya pas-pasan, belajar kek gimana aja juga bakalan tetep bodoh aku ini, jadi jalan satu-satunya unutk mendapat nilai bagus ya dengan nyontek!”

Ipu :“Bener banget Dau! Aku setuju sama kamu!”

Ilad :”Tapi nyontek itu kan dosa? Tidak dibenarkan berbuat curang dalam agama kita, kalian bener-bener Islam kan?

Ipu :”Alah, aku ini bukan Nabi yang terjaga dari dosa, jadi wajar aja kan kalo aku berbuat dosa? Udahlah, kita ini manusia biasa jadi ga perlu sok suci gitu deh!”

Ilad :”…………….”

Iklan

21 Responses to “Obrolan Kecil di Sekolah”


  1. 1 Ardianto 18 Mei, 2008 pukul 4:42 pm

    Ah, enakan nggak nyontek…
    Buat apa saya susah-susah belajar sampai muntah-muntah kalau ujungnya nyontek..
    Lebih baik lembar jawaban saya kosong melompong timbang nyontek..

  2. 2 Mad Max 18 Mei, 2008 pukul 4:46 pm

    Ardianto
    Setuju Mas! 🙂

  3. 3 natazya 18 Mei, 2008 pukul 5:31 pm

    hmmm sampai sekarang nyontek masih jadi budaya.

    ah.

    itu yang sangat disayangkan.

    ga heran sampe masuk dunia kerja dan masyarakat, kecurangan lainnya jadi tetep ada.

    hm…

    again

    hail to the patological country! 😀

  4. 4 wennyaulia 18 Mei, 2008 pukul 6:16 pm

    hmm, udah menjadi budaya..

    btw, sampeyan jadi tokoh yang mana niy? :mrgreen:

  5. 5 purmana 18 Mei, 2008 pukul 7:05 pm

    Semua orang pengennya yang instant2 aja…

    Pengen dapet nilai besar dg cara mudah, pengen lulus mudah, pengen dapet duit dengan mudah, dll…

    Mental2 orang kaya gini nih yg bakalan ngehancurin bangsa. Percaya gak percaya,,,

  6. 6 Yari NK 19 Mei, 2008 pukul 5:53 am

    Inilah yang menghancurkan bangsa kita…. bukan hanya mental nyonteknya itu tapi mental ingin cepat berhasil walau dengan cara2 tidak terpuji.

    Mau lulus dengan nyontek, mau kaya dengan korupsi adalah dua hal yang sama! Ingin cepat2 berhasil tanpa mau bersusah payah. Akibatnya kalau kita disuruh menghadapi persaingan murni, sudah pasti kedodoranlah kita!

  7. 7 Onta 19 Mei, 2008 pukul 7:30 am

    huehueheu…
    maunya instan semua ya…

    Fadhiel ga ikut2an nyontek kan??

    nb: kok pemerannya ada 4 ya? Ilad, Ipu, Nau, Dau

  8. 8 zoel chaniago 19 Mei, 2008 pukul 10:34 am

    hehehehhe jadi ke ingat waktu dulu

  9. 9 alid abdul 19 Mei, 2008 pukul 11:21 am

    Nama dsamarkan kayak brita pencabulan yg pelaku n korbanny drahasiakan. Wekeke.

  10. 10 indra1082 19 Mei, 2008 pukul 11:42 am

    Nyontek itu membudaya…….seperti Korupsi

  11. 11 cK 19 Mei, 2008 pukul 11:49 am

    hari gini nyontek? 😈 dulu sih gapapa 😆

  12. 12 goldfriend 19 Mei, 2008 pukul 11:56 am

    Nggak ada yang namanya “otak pas-pasan”. Dengan belajar maka semua “keterbatasan” bisa dilampaui.

    dan nyontek bukan bagian dari belajar… 🙂

  13. 13 kabarihari 19 Mei, 2008 pukul 12:25 pm

    ternyata sekolah itu nyaris ngga ada fungsinya ya? semuanya cuma bisa mengaku bodoh dan untuk manjadi pinter jalan satu2nya cuma nyontek..

    kalo begitu, kenapa tak dihapuskan saja sekolah di negeri bodoh ini.. 😦

  14. 14 FaNZ 19 Mei, 2008 pukul 2:47 pm

    heueheuehue
    ga afdol kalo g nyontek :p

  15. 15 Nazieb 19 Mei, 2008 pukul 6:20 pm

    Bagaimanapun yang salah itu pemerintah.. Yang pake ngasih UAN tai segala macem.. Hasilnya ya gitu itu, sekolah mengejar nilai, bukan ilmu, segala cara pun akhirnya dipakai..

    *saya memang skeptis sama pemerintah :mrgreen:

  16. 16 missglasses 20 Mei, 2008 pukul 11:42 am

    nyontek di ujian yg penting (ups penting? brarti yg ngga penting boleh dong :p) kea gitu bakal bikin kita ngerasa dikejar2 perasaan nyesel

  17. 17 Xaliber von Reginhild 21 Mei, 2008 pukul 1:10 am

    Beginilah.. mental kebanyakan nyontek? :mrgreen: Saya sepenuhnya setuju dengan pak Yari NK. 😀

    Btw, alasan nyonteknya Dau fallacy banget. 😛

  18. 18 achoey sang khilaf 21 Mei, 2008 pukul 9:49 am

    ualah
    emang dagelan ya 😆

  19. 19 nenyok 21 Mei, 2008 pukul 6:49 pm

    Salam
    jalan pintas tak mengerti berharganya proses 🙂

  20. 20 Mi_Chan 27 Mei, 2008 pukul 10:04 pm

    D skolah ku, udh jd tradisi…
    Entah lah, kek ny mreka2 itu kek ny g bs aja gitu, klo g nyontek. G klop, kta tmen ku.

    Well, aq g ikut2an sih yaaa…

  21. 21 Obrolan 1 September, 2010 pukul 10:14 pm

    Sampeyan melewati dan menikmati fase hidup yang menyenangkan. Selamat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 151,327 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: