Tentang Ujian Nasional

Jumlah Mata Pelajaran dan Waktu
Ujian Nasional 2010 untuk SMA tampaknya masih akan menjadikan 3 mata pelajaran utama, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris ditambah dengan 3 mata pelajaran ciri khas jurusan masing-masing sebagai mata pelajaran ujian. Jadi totalnya adalah 6 mata pelajaran ujian nasional. Kalau dipikir rasanya makin berat saja, dibanding dulu saat ujian nasional hanya menguji 3 mata pelajaran utama saja. Ditambah lagi, ujian nasional dengan sistem 6 mata pelajaran ini, penyelenggaraannya adalah sehari dua mapel ujian. Menurut saya ini berat! Saya berharap pada Ujian Nasional 2009 akan ada perubahan system pelakasanaan, yaitu sehari hanya satu mapel ujian. Dengan sistem satu hari satu mapel, saya rasa para siswa akan tidak terlalu terbebani.

Pengebirian Pengawas dalam Ujian Nasional
Cerita ini saya dapat langsung dari guru saya, beliau pernah bercerita bahwa dalam rapat pengawas ujian nasional, sang koordinator berpesan agar pengawasnya jangan galak-galak, alias pengawasan diperlonggar, ada yang kelihatan nyontek dengan teman sebelahnya ya biarkan saja, alasannya saya kira klasik, melas alias kasihan lah sama murid. Bah! Macam mana ini peraturan! Saya sangat tidak setuju! Saya rasa untuk mecapai keberhasilan siswa bukan persengkongkolan negative pengawas macam itu yang diperlukan! Tapi tentunya persekongkolan dalam hal positif, misalnya tryout bersama,dll. Hal yang seperti itu tentu makin memanjakan para pencontek dan malapetaka bagi anak-anak yang rajin belajar, bayangkan saja, yang belajar dengan keras dengan yang tidak belajar masa nanti nilainya sama, bahkan bisa saja lebih besar nilainya anak yang tidak belajar! Yah, ujian nasional mungkin akan selalu memunculkan lucky bastards saya rasa….

Kebocoran Soal Ujian Nasional
Ini persoalan klasik, saya rasa hampir tidak mungkin kalau soal Ujian Nasional 100 persen tidak bocor! Celah kebocoran masih banyak, mental para penjaga soal pun tidak sedikit yang bobrok. Setahu saya, soal Ujian Nasional itu bertuliskan “Dokumen Negara, sangat Rahasia” , betul kan? Jadi orang yang membocorkan soal Ujian Nasional itu berarti telah membocorkan rahasia Negara dan saya rasa pantas untuk dihukum berat!

Iklan

28 Responses to “Tentang Ujian Nasional”


  1. 1 uwiuw 27 Agustus, 2008 pukul 5:58 pm

    ah biarlah…selama masih bisa jalan 🙂

    uwiuws last blog post..Siapa Blogger Senior Favorit Sy ?

  2. 2 Xaliber von Reginhild 28 Agustus, 2008 pukul 12:34 am

    Wadehei? Pengawasan diperlonggar? o_o Saya juga kurang setuju itu… benar-benar tidak sesuai aturan. Selain murid yang memang niat belajar jadi dirugikan, rasa-rasanya ini mirip juga dengan kasus korupsi yang ngga dilirik. 😐

    Kayaknya waktu saya UN kemarin juga begini deh. Kalo waktu itu dalihnya karena membiarkan murid mendapat keringanan karena proses perubahan yang mendadak (dari 3 mapel jadi 6 mapel). Tapi kalo diringanin terus kapan majunya? -_-

    Xaliber von Reginhilds last blog post..Penjurnalan Kecil

  3. 3 det 28 Agustus, 2008 pukul 7:30 am

    ayo segera bersiap!!!:)

    dets last blog post..Berita Jawa Pos berbau SARA

  4. 4 siap ujian 28 Agustus, 2008 pukul 11:13 am

    Ada tips yang bagus untuk siap menghadapi ujian nasional
    1. latihan
    2. latihan
    3. latihan

    intinya perbanyak latihan-latihan soal 🙂 agar mental juga siap untuk menghadapi ujian nasional.

    salam,
    http://www.siap-ujian.com

  5. 6 Sarah 29 Agustus, 2008 pukul 8:50 am

    apapun yg terjadi..terjadilah…wkwkwk:d

    Sarahs last blog post..Taubat

  6. 7 afwan auliyar 29 Agustus, 2008 pukul 9:52 pm

    wah… no comment ah buat ujian nasional … 😀

    sdh cukup bnyak yang tersiksa & merasakan keadilan didalamnya

  7. 8 sawali tuhusetya 29 Agustus, 2008 pukul 11:58 pm

    memang masih banyak persoalan yang harus dituntaskan kaitannya dg pelaksanaan un, mas fadhiel. meski demikian, un agaknya akan terus berlangsung dari tahun ke tahun. yang penting, mas fadhiel perlu bersiap2 sejak sekarang agar tak menuai kegagalan. btw, selamat menyambut bulan suci, mas fadhiel, mohon maaf lahir dan batin :d/

    sawali tuhusetyas last blog post..Refleksi Menjelang Ramadhan

  8. 9 mantan kyai 30 Agustus, 2008 pukul 2:31 am

    hmmm…menterinya harusnya dikebiri juga kali yah … ooops kabur 😀

  9. 10 Yari NK 30 Agustus, 2008 pukul 10:41 am

    Peraturan yang aneh…… moso nyontek dibiarin aja…. dengan alesan memelas…. ya ampun…. kalau begitu sekalian aja pengawasnya makan bakso di luar… nggak usah nungguin/ngejagain yang lagi ujian….. sisan!! :d

    Yari NKs last blog post..Putih Mancung vs Hitam Pesek

  10. 11 ndop 31 Agustus, 2008 pukul 3:45 pm

    walaah.. di tempat saya dulu juga begitu… makanya aneh aja, wong ebtanas kok malah lebih nyante dari THB..

  11. 12 *hari 1 September, 2008 pukul 4:34 pm

    jadi UN itu salah satunya ngajarin nyontek ya?
    beruntunglah saya ngga pernah mengalaminya 😀

    *haris last blog post..Sekedar Uneg-uneg Sekaligus Ucapan Terima Kasih

  12. 13 wennyaulia 4 September, 2008 pukul 7:32 pm

    pokoknya belajar aja deh
    biar siap menghadapi UN
    biar lulus dengan memuaskan
    memuaskan ortu dan diri sendiri

    gut lak yak! :d/

    wennyaulias last blog post..Upacara Tunggul Wulung

  13. 14 Cynanthia 5 September, 2008 pukul 12:22 pm

    Yah… suka nggak suka emang gitu kenyataannya. Kita dihadapkan pada keadaan super sulit. -___-
    Kalau sudah kayak gitu gurunya mau jadi apa kita? :((

    Cynanthias last blog post..Balada Bulan Ramadhan (dan Acara-Acara Masjid)

  14. 15 lambrtz 8 September, 2008 pukul 4:32 pm

    Halo Fadhil
    Makasih dah ngunjungin blogku, tapi sayang kemakan Spaminator, aku ga tau kenapa. Aku balikin tetep aja dianggap spam…
    Kalo mau ngontak aku pake alamat email yang ini aja. Tq

  15. 16 Cabe Rawit 26 Oktober, 2008 pukul 8:54 am

    hallo max… kemana aja kagak nongol-nongol… 😀
    Blognya makin sip… tulisannya makin sip… orangnya juga makin sip.!!!
    Tafi dari agustus kagak update… kawin ya? 😕

    Cabe Rawits last blog post..Ane “Diperkosa” Sufaya Kembali Ke Khittah: Siaran Lagi…

  16. 17 Mihael Ellinsworth 27 Oktober, 2008 pukul 8:32 pm

    @ rizky
    Oh, itu memang SPAMming, kok. Tenang saja, kalau mengganggu paling oleh sang Pemilik dihancurkan. 😛

    Hmm..UAN, seperti racauan saya di blog, apapun itu, UAN bagi saya masih berbentuk kesalahpahaman karene seharusnya gurulah yang menilai kinerja muridnya. Bukan Menteri Pendidikan dan lainnya,

  17. 18 Lemon S. Sile 30 Oktober, 2008 pukul 7:53 pm

    Mau protes apa juga percuma soal mata pelajaran UN. Dulu saya ampe karatan, tapi ada sisi baiknya lho! Pas US Anda sudah bisa santai-santai karena tinggal pelajaran-pelajaran sampah yang relatif lebih mudah ketimbang masih ada fisika atau (apa?) sosiologi.

    Btw emang beneran yah ada koordinasi macam itu? Yah, biarin deh. Mereka (pengawas) kan pengen anak didiknya bisa melanjutkan pendidikan… (masa bodo mau pinter kek, berbudi kek, yang penting lulus)

    Lemon S. Siles last blog post..Mahasiswa

  18. 19 lukman 7 November, 2008 pukul 11:08 am

    jangan pernah menyarah:)>-

  19. 20 VIVI 17 Januari, 2009 pukul 7:24 pm

    jgn terlalu ketat juga…
    karna kasiiian,,,
    biasanya kan UN untung2an….
    masa siiih qta blajar dah 3 tahun tapi cuma karna 4 hari ajah ga lulus???
    :((
    jgn sampee deeeh….
    btw yg ngawas thn ini bener2 dosen apa masih sama guru??

  20. 21 [a] Luphers 28 Januari, 2009 pukul 7:25 pm

    ih q kira bakaL di kasih bocoron soaL sungguhan. ech ternyata cuma bahas geto doank. x(
    k’lo thau geto gg bakaL q buka dech. Jadi nyeseL nih :d

  21. 22 DONAL 28 Februari, 2009 pukul 9:35 pm

    :-?HMMMMMMMM BETUL JUGA THU..!EMANG ORANG KAYAK GITHU PANTASNYA DIHUKUM YANG SEBERAT-BERATNYA.

  22. 23 rusdianto 6 Juni, 2009 pukul 8:32 am

    mas situs apa yang bisa lihat hasil ujian nasional

  23. 24 myla 6 Juni, 2009 pukul 2:45 pm

    kapan c pengumuman nyampe skolah,terus klo mo tao lwt intrnt ato sms gmn cranya?

  24. 25 fi pratiwi 7 Juni, 2009 pukul 6:31 pm

    sekilas saya setuju dengan pendapat “LEMON”
    namun pkiran simplenya dari UN sendiri.. kadang rumit juga ya,, terlebih un yg gagal 100% di beberapa sekolah malah diulang..
    lalu tujuan DIKNAS pusat mengadakan UN ini apa?
    apakah sebuah proyek besar/ memotivasi siswa untuk mencapai stanard..
    atau mungkin memotivasi siswa dan guru untuk berbuat curang…
    yah ..tinggal menunggu kebijakan pemerintah saja,,
    (applause)


  1. 1 Ujian Nasional 2009 « Maxbreaker’s Base Camp Lacak balik pada 28 Agustus, 2008 pukul 6:01 am
  2. 2 Jenuh, Bosan? Kejar Target? Maka Selamat Tinggal untuk Sementara… | Max Breaker's New Basecamp Lacak balik pada 10 September, 2008 pukul 4:20 pm
  3. 3 corner computer desk Lacak balik pada 13 Mei, 2011 pukul 8:49 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 159,490 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: