Sebuah Cerpen : Ghei Issue No More

Disclaimer :

1. Cerita ini hanyalah fiktif belaka yang diilhami dari beberapa percakapan/kejadian yang ada di plurk-o-sphere, apabila ada kesamaan atau kemiripan tokoh maupun peristiwa adalah suatu kebetulan yang tidak sembarangan .

2. Dilarang fast reading, bacalah sampai selesai sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman

———————————————————————————————————————————

Cerpen ini mengambil setting di beberapa kota besar di RI (Republik Impian) dan internet.

Tokoh – tokoh dalam cerpen ini :

1. Fadli Nur Gaha, seorang pemuda tampan dan normal yang berusia 17 tahun , mempunyai watak baik hati dan suka menolong sesama . Dirinya adalah pelajar SMA yang sebentar lagi lulus.

2. Telo Ceh Sadja, seorang pemuda yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Gajah Madju (UGM) ,Ndoyokarta, mendalami ilmu tentang penyakit masyarakat. Termasuk ras destruktif, suka mengolok-olok dan membully. Awalnya dia lelaki normal, tetapi setelah kejadian itu semuanya berubah…

3. Adit , nama lengkapnya adalah Pradita Rosyid, mahasiswa baru Universitas Impian (UI), mendalami ilmu politik, tinggal di Jancukarta, korban utama pembullyan dan pencemaran nama baik yang dilakukan oleh Telo

4.Dina Olhil, seorang mahasiswi baru Universitas Negeri Palang (UNP) jurusan DKV , tinggal di pedalaman pulau Sumantra , kota Palang

6. Randu, mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Sebelas Dua Belas, dst (ITSSDB dst)

7. Mat Sade, psikolog muda jebolan UI ( Universitas Impian)

8. Gita Gutawa, sudah dikenal pembaca tentunya

tokoh 1-7 sebagian besar belum pernah ketemu secara langsung, dan saling mengenal lewat media blog, forum dan plurk

Dan marilah cerpen ini kita mulai, Bismillahhirrahmaanirrahim

———————————————————

Malam itu Adit terbangun dari tidur sorenya, jam menunjukan pukul 10 malam. Seperti biasanya , Adit langsung menyalakan notebook nya dan konek internet alias online ,dia lalu membuka plurk.com dan langsung menuju tab my plurk, tak disangka tret plurknya yang dibuat tadi sore telah kebanjiran response sekarang, ya, padahal dalam plurk itu dia hanya menceritakan kalau dirinya sedang makan sosis. Tapi seperti biasanya, Telo mengarahkan topik pembicaraan berbelok dari sosis ke ‘sosis’. Dan Telo pun dengan semena-mena menuduh dan menebar isu kalau Adit adalah seorang gay. Adit pun kesal dan langsung menutup plurk lalu segera bermain Photoshop untuk menghilangkan kekesalannya. Ya, beberapa minggu ini Telo memang sering menuduh Adit sebagai gay, baik lewat tret plurk maupun responsenya. Akhirnya Adit tidur jam 12 dengan membawa kegalauan dan kekesalan.

——-

Esoknya, siang hari di kampus Adit, dirinya baru saja menerima hasil Ujian Semesternya, dan nilainya jelek, malang nian nasib Adit, dia sedih sekali. Di stasiun kereta, saat menunggu kereta untuk pulang, Adit menumpahkan kesedihannya melalui plurk via handphonenya. Malam harinya, sekitar jam 9, Adit online, dia blogwalking sebentar lalu membuka plurk dan betapa terkejutnya dia ketika plurk tentang kesedihannya karena nilai jelek tadi lagi-lagi dibelokkan pembicaraannya ke arah isu gay oleh telo, dan lagi-lagi Telo dengan semena-mena menuduh Adit adalah seorang gay. Kelakuan Telo akhir-akhir ini memang semakin menjadi-jadi, korbannya bukan hanya Adit, Fadli dan Randu pun menjadi korban penuduhan gay oleh Telo. Bahkan Randu yang baru nimbrung ke tret plurknya Adit pun dengan serta merta disebut sebagai gay tulen , oh malangya anak-anak itu dan jahatnya Telo. Bisa dibilang Telo adalah biang keladi atau biang kerok dari isu gay di plurk, karena hampir setiap tret plurk milik Adit dibelokkan ke arah isu gay dan ujung-ujungnya menuduh Adit, Fadli dan Randu sebagai gay. Astaghfirullah….

——-

Beberapa bulan kemudian,

Fadli lulus SMA dan meneruskan kuliah di Universitas yang sama dengan di mana Telo kuliah. Dan saat itu ternyata sebagian wilayah Jancukarta dilanda bencana lumpur hangat, yang kabarnya baru akan surut setelah tempo 4 tahun. Hal itu membuat Adit terpaksa mengungsi ke Ndoyokarta dan pindah kuliah ke UGM, satu fakultas dengan Telo. Di lain pihak, orang tua Dina Olhil dipindah tugaskan ke Ndoyakarta, jadi Dina ikut pindah dan pindah kuliah ke UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret April Mei Juni dst) , karena PTN yang membuka jurusan DKV di sekitar Ndoyokarta hanyalah UNS. Dina Olhil kost di Sholouhm tapi tiap Sabtu dan Minggu dia pulang ke rumah baru orang tuanya di Ndoyokarta. Kebetulan rumah baru Adit di Ndoyokarta dekat dengan rumah baru Dina Olhil, jadi tiap Sabtu dan Minggu saat Dina pulang, Adit sering mengobrol dengan Dina. Kadang Adit main ke rumah Dina dan sebaliknya

——-

Dengan keadaan Adit, Fadli dan Telo yang kini berada dalam satu Universitas dan satu lingkungan, mereka jadi sering kumpul bareng. Ya sebuah perkumpulan 3 orang pemuda jomblo. Telo bebearapa minggu lalu baru saja diputus oleh pacarnya yang masih SMP, ya diam-diam ternyata Telo memiliki bakat layaknya Syekh Puji, yaitu memacari anak SMP. Tapi nasibnya tak sebagus Syekh Puji yang dicintai Ulfa itu, sedangkan Telo malah diputus pacarnya yang berseragam biru putih itu yang sekarang baru saja masuk SMA. Saat ngumpul dan ngobrol bareng, Telo masih sering mengejek Fadli dan Adit sebagai gay. Tapi Fadli sabar-sabar saja, dia menganggap Telo melakukan itu hanya karena iri pada ketampanannya, selain itu Telo tidak terlalu sering mengejeknya. Berbeda dengan Adit, yang memendam kemarahan dalam hatinya, karena sering sekali diejek gay oleh Telo.

——-

Sabtu sore, Adit, Fadli dan Telo nongkrong bareng di warung burjo berhotspot. Saat itu mereka sedang membicarakan masalah hacking dan cracking, sampai tiba-tiba Telo mengalihkan pembicaraan dan lagi-lagi ujung-ujungya menuduh Adit sebagai gay. Saat itu kemarahan Adit memuncak, dia langsung menggebrak meja dan berkata, “Bangs*t kamu Tel!”, si Telo malah cengangas-cengenges, Adit lalu mengepalkan tangan dan bersiap meninju Telo. Tapi dengan sigap Fadli menahan Adit dan menyuruh Telo agar pulang duluan supaya emosi Adit mereda dulu. Adit lalu pulang dan sms pada Dina, menceritakan kekesalannya. lalu Adit janjian dengan Dina, Adit akan ke rumah Dina malam itu untuk curhat tentang kekesalannya pada Telo.

——-

Malam itu, Adit datang ke rumah Dina, lalu mereka mengobrol berdua di teras rumah. Adit menceritakan segala kekesalannya dan penderitaan jiwanya yang selama ini disakiti dan didzalimi oleh Telo. Dengan penuh kelembutan, Dina menghibur Adit dengan kata-kata yang menyejukkan jiwa. Adit merasakan sesuatu yang lain malam itu, dadanya berdesir dan akhirnya dirinya menyadari bahwa dia telah jatuh cinta pada Dina. Dan tak disngka, dirinya secara spontan berkata, “Din aku sayang kamu, aku ingin kamu selalu menemaniku” . Ternyata gayung bersambut, Dina pun menjawab, “Aku juga sayang kamu Dit..” dan malam itu Adit dan Dina jadian, oh so sweet. Sejak saat itu Adit menjadi merasa lebih PD (Percaya Diri) karena dirinya telah memiliki kekasih dan tidak jomblo lagi, sehingga dia dapat membuktikan pada si Telo bahwa Adit itu lelaki normal dan dapat melawan segala bentuk penindasan yang selama ini dilakukan oleh si Telo padanya.

——-

Sore itu, hujan turun deras, Fadli dalam perjalanan pulang ke kostnya dari kampus. Saat itu jalan di sekitar kampus sangat sepi, dan fdali melihat sebuah mobil melaju dengan sangat kencang, dan mobil itu menabrak seorang gadis yang sedang menyebrang! Fadli lalu langsung berlari bergegas menolong gadi itu yang pingsan. Sedangkan mobil yang menabrak gadis itu kabur begitu saja, ya tabrak lari. Fadli lalu segera membawa gadis itu ke rumah sakit. Gadis itu segera dirawat oleh dokter. Fadli pun menunggu di ruang tunggu. Setelah menunggu kira-kira 1 jam dokter mengatakan bahwa gadis itu sudah siuman dan hanya menderita patah tulang. “Syukurlah”, ujar Fadli. Fadli lalu masuk ke kamar pasien, gadis itu langsung berkata “Terima kasih banyak ya Mas sudah menolongku” . Fadli menjawab, “Ya, sama-sama, kan sudah kewajibanku menolong sesama, hehehe. BTW kamu kok mirip banget ya sama Gita Gutawa?” . Gadis itu menjawab, “Aku memang Gita Gutawa Mas, aku pindah rumah ke Ndoyokarta karena rumahku yang di Jancukarta terkena bencana lumpur hangat”. Sejak kejadian itu, Fadli dan Gita jadi sering berkomunikasi, baik lewat telpon, sms, ataupun ketemu langsung. Hubungan mereka semakin hari semakin akrab saja. Hingga pada suatu hari, dngan penuh keberanian, Fadli menyatakan cintanya pada Gita, dan Gita dengan senang hati menerimanya. Ya, selain karena Fadli sangat baik hati, pernah menolong Gita, Fadli juga sangat tampan, sehinga Gita tidak ragu untuk menerimanya. Ya, sejak saat itu Fadli dan Gita menjadi sepsang kekasih, dan seperti halnya Adit, Fadli pun kini merasa percaya diri. Dia dapat membuktikan pada Telo kalau dirinya normal.

——-

Di lain pihak. Telo merasakan keanehan pada dirinya. Ya ,dirinya berubah. Dia tidak lagi tertarik dengan wanita cantik. Tapi malah tertarik pada lelaki-lelaki ngganteng. ya dirinya kini bereaksi biasa saja saat melihat cewek cantik di kampusnya, malahan dirinya sangat tertarik dan senang apabila melihat cowok tampan. Astaghfirullah. Telo lambat laun mereasakan perubahan pada dirinya. Dia tidak mau menjadi gay, tapi ternyata keadaannya begitu. Telo menangis, menangis sejadi-jadinya, ya dalam hati kecilnya dia ingin menjadi lelaki normal, tapi perubahan pada dirinya tak bisa disangkal lagi. Telo pun berkonsultasi pada psikolog yang dikenalnya lewat internet, Mat Sade. Beberapa kali Telo berkonsultasi pada Mat Sade tapi tak ada perubahan. dan malah, Telo yang sering bertemu dengan Mat Sade jatuh cinta paa Mat Sade. Padahal kan Mat Sade normal. Telo sempat beberapa kali memaksa Mat Sade untuk jadi pacarnya. Mat Sade yang takut akhirnya memutuskan pindah ke Zimbabwe demi menghindari kejaran Telo. Hari berganti hari, Telo semakin frustasi akan keadaaan dirinya.  Sempat terlintas di pikirannya, apakah dia akan pasrah dan membiarkan dirinya menjadi gay tulen, tapi saat dia mikir seperti itu, tayangan TV yang ditontonnya saat itu berganti jadi Sinetron religi Rahasia Illahi, dengan tema :”Jenasah Gay Mengeluarkan bau super busuk dan ada ular di lubang kuburnya”. Telo pun buru-buru istighfar dan bertekad meneruskan usahanya untuk kembali normal.Pada suatu hari, dia tidur di emperan masjid dalam keadaan kumal dan lusuh. Paginya saat terbangun dia bertemu dengan UJ (Uztad Jefri). Uztad pun bertanya, “hai anak muda, ada apa denganmu? kamu terlihat begitu menderita?”. lalu Telo menceritakan semau penderitaannya pada UJ, dan bercerita bahwa berbagai pengobatan sudah dicobanya, tapi dirinya tak kunjung normal. UJ terdiam sejenak dan berkata, “Apakah kau merasa memiliki salah pada orang lain, yang mana orang itu belum memaafkanmu?”. lalu Telo teringat akan dulu, dirinya suka mengejek Adit, Fadli dkk sebagai gay. Telo lalu menceritakan hal itu kepada UJ. UJ berkata, “Segeralah minta maaf kepada orang-orang itu, Nak”. Telo pun segera mencari orang-orang yang dulu pernah diejeknya sebagai gay. Ya Telo meminta maaf kepada mereka semua. Saat Telo meminta maaf kepada Adit, tampaknya Adit susah memaafkannya karena Telo terlalu sering berbuat semena-mena pada dirinya, Telo pun mengiba dan sungkem kepada Adit sambil menagis. Akhirnya karena Adit iba pada Telo, Adit pun ikhlas memaafkan Telo. malam itu, Telo tidur dengan rasa lega, karena telah dimaafkan oleh pihak-pihak yang dulu pernah didzaliminya.

——-

Pagi itu, Telo terbangun dari tidurnya, ia merasakan sesuatu yang beda, ya tubuh dan pikirannya terasa sangat segar! Ah ternyata Telo telah kembali normal. Dia gembira dan berjanji pada dirinya sendiri dan Tuhan tentunya untuk tidak berbuat jahat lagi, terutama tidak menuduh orang lain sebagai gay secara sembarangan.

————————————————————————————————————————

TAMAT

26 Responses to “Sebuah Cerpen : Ghei Issue No More”


  1. 1 mimi 31 Desember, 2008 pukul 3:03 pm

    =)) Gyahahahaha….

    Jangan sampe beneran kejadian deh.

    Mau muuu Fad, ama Gita Gutawa…:))

    Mana Teloo? :))

  2. 2 itikkecil 31 Desember, 2008 pukul 3:48 pm

    *ngakak guling-guling*
    ternyata soal si telo itu pedofil sudah menyebar ke mana-mana….
    tapi dia juga gay???
    =))

    itikkecils last blog post..Epat, Yudis dan kopdar

  3. 3 bukansuperstar 31 Desember, 2008 pukul 3:58 pm

    @mimi
    lha, itu kan Fadli, bukan Fadhil😛 *kopipes komen plurk*

    @itikkecil
    Kan gay-nya akhirnya sembuh mbak, maklum saya kan orang baik, jadi gak bakalan saya kasih ending Telo jadi gay seumur hidup, kasihan soale :))

    bukansuperstars last blog post..Sebuah Cerpen : Ghei Issue No More

  4. 4 Randu™ 31 Desember, 2008 pukul 4:08 pm

    Sudah saya duga! Pasti ada konspirasi™ dibalik penggambaran seorang Fadli dan munculnya Gita Gutawa!!

    Selain itu dimana kelanjutan kisah Randu sang Newcomer? Pasti dihapus oleh kaum Zionis laknatullah™, seperti yang telah mereka lakukan atas saudara kita di Palestina.

  5. 5 Adit™ 31 Desember, 2008 pukul 4:21 pm

    Telo… telo… ternyata sempat malang nasibmu, nak. [-( Sampai membuat Mat Sade kabur ke Zimbabwe. Bersyukurlah kau sudah kumaafkan. 8-x

    Nice one. :))

    Adit™s last blog post..Saya Belum Mati

  6. 6 Adriano Minami 31 Desember, 2008 pukul 4:31 pm

    Ya ampun Fadli.. =))

    Apa jadinya kalo si Adit dan Telo baca =))

    Bisa2 mereka berdua mengamuk =))

    Lagipula, mengapa si Adit jadinya ama Dina? =))

  7. 7 Infinite Inficio 31 Desember, 2008 pukul 4:53 pm

    Kok rasanya, karakter Fadli kurang ya dimensinya… ;;) *dipentung*

    Wah, syukurlah saya tidak akan berubah jadi gay walau kadang-kadang saya turut memfitnah Adit™ bersama Telo…

    Infinite Inficios last blog post..Segitiga Cinta

  8. 8 Bukan Telo, Ini Celo 31 Desember, 2008 pukul 5:21 pm

    Ya, entry saya berikutnya karakter Fadli akan jadi gaylaknatullah sepanjang sisa umurnya.

    *open notepad*cerpenist mode : on*bully level : max*

    Bukan Telo, Ini Celos last blog post..Resensi

  9. 9 Catshade 31 Desember, 2008 pukul 5:40 pm

    *ternyata cuma dijadikan figuran*

    *berlalu* b-)

    Catshades last blog post..Dari Redaksi: Tahun Baru, Blog Baru

  10. 10 Adit™ 31 Desember, 2008 pukul 6:16 pm

    Benar juga, mestinya ada “Anda Mah Kitsi Lenta” yang jadi partner-in-crimenya Telo!

    Adit™s last blog post..Catatan Tentang Militansi

  11. 11 Catshade 31 Desember, 2008 pukul 8:09 pm

    Trus ada GuRu Nawandy? :-” *kok jadi makin banyak pemainnya*

    Catshades last blog post..Dari Redaksi: Tahun Baru, Blog Baru

  12. 12 Adriano Minami 31 Desember, 2008 pukul 8:14 pm

    Kalo saya…

    Ardiano Minta Mie =))

    Adriano Minamis last blog post..Akhir Tahun

  13. 13 D. A. 31 Desember, 2008 pukul 8:57 pm

    Gini2 saya belum pernah di-DO. [-(
    Dan, hargailah perasaan Egiiiiii!!!!

  14. 14 Adit™ 1 Januari, 2009 pukul 4:41 am

    Plot baru:
    Anda Mah dan Telo yang menghina-hina Adit sebagai gay, ternyata diam-diam Telo mengincar GuRu Nawandy yang merupakan teman sekampusnya. Di sisi lain, ternyata Anda Mah juga menyukai orang yang disukai Telo. Setelah bertengkar, akhirnya Telo kembali mengejar Mat Sade~

    Adit™s last blog post..Catatan Tentang Militansi

  15. 15 Karina Nurunnisa 1 Januari, 2009 pukul 8:37 pm

    kok happy ending sih?
    mestinya dibikin gay aja beneran.. *ditabok*

    mehehehehe :-”

    Karina Nurunnisas last blog post..2009

  16. 16 Rea_sekar 5 Januari, 2009 pukul 9:12 pm

    woah, cerpen maho neh? (maho=manusia homo)

    btw ay bacanya fast reading jadi gak terlalu ngerti^^

    Rea_sekars last blog post..Kuda oni-eh-Poni

  17. 17 Ardianto 8 Januari, 2009 pukul 2:25 pm

    Dasar, ceritanya tidak nggenah… :rofl:

    Ardiantos last blog post..Menyelesaikan Rubik Cube 2×2×2

  18. 18 karinaa 25 Januari, 2009 pukul 1:14 am

    ou.ini dengan berbagai versi yaghh..hhihi

    karinaas last blog post..love is a lie, or you ARe?

  19. 19 guh 25 Januari, 2009 pukul 5:04 pm

    harusnya dikasi peringatan, jangan baca sambil makan. ketawa bikin keselek🙂


  1. 1 Narasi « the end of trilogy Lacak balik pada 1 Januari, 2009 pukul 5:12 am
  2. 2 Ghei Issue No More : Adit’s Endless Story « Adriano Minami Simple World Lacak balik pada 1 Januari, 2009 pukul 7:52 pm
  3. 3 Free online games Lacak balik pada 11 Mei, 2011 pukul 10:44 pm
  4. 4 free stuff Lacak balik pada 12 Mei, 2011 pukul 2:25 am
  5. 5 Tegaderm Film Lacak balik pada 12 Mei, 2011 pukul 4:32 am
  6. 6 when is labor day 2011 Lacak balik pada 12 Mei, 2011 pukul 7:59 am
  7. 7 free website Lacak balik pada 12 Mei, 2011 pukul 8:01 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 141,489 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: