Rokok? Haram sekaligus Makruh Hukumnya! 1

Assalamu’alaikum.

Baru saja saya menonton seputar Indonesia, dan berita yang saya tonton sangatlah menarik, ya sebuah berita update terakhir tentang gonjang-ganjing fatwa haramya rokok yang dikeluarkan MUI. Jadi izinkanlah saya berbagi apa yang baru saya lihat di RCTI tadi 😀

Rapat Nasional MUI di Padangpanjang, Sumatra Barat memutuskan bahwa rokok itu haram hukumnya! Eits, bagi anda yang seorang muslim perokok, atau bahkan kyai perokok jangan keburu emosi dulu, santai dulu lah. Jadi begini, fatwa haramnya rokok itu tidak berlaku secara umum, dengan kata lain rokok itu haram untuk kondisi tertentu saja, dan secara umum hukum rokok tetaplah makruh. Ok, akan saya jelaskan berdasarkan berita yang saya tonton tadi. Jadi rokok itu haram bagi:

  1. Anak-anak dan remaja
  2. Wanita Hamil
  3. Apabila dilakukan di tempat umum

Nah, sekarang sudah jelas kan, lega kan. Saya juga 😀 . Dan sepertinya ini sesuai yang saya dan mas Guh harapkan, ya terutama poin haram ketiga itu, ya kan, Mas? :D. Jadi sekali lagi, menurut MUI secara umum hukum rokok adalah makruh, dan menjadi haram apabila dalam kondisi ketiga poin di atas tadi. Ah, tapi saya agak sangsi tentang kelegowoan masyarakat perokok dalam menerima keputusan MUI ini. Belum lagi kalau penyampaian berita ini dari mulut ke mulut mengalami mutilasi, dengan cuma menyertakan kata rokok haram, tanpa lengkap disajikan rincian beritanya. Ah, ya bagi para perokok muslim, sekarang sila menikmati rokok tanpa berbagi asap dan penyakit dengan non-perokok di sekitarmu!

Wassalamu’laikum

Iklan

10 Responses to “Rokok? Haram sekaligus Makruh Hukumnya! 1”


  1. 1 Strife Leonhart 25 Januari, 2009 pukul 6:14 pm

    pertamax!!!

    hore… saya senang… setuju dengan poin ke3…

    ah, sialnya kamar kost saya bukan tempat umum… :((

    Strife Leonharts last blog post..Blog Gratisan vs Blog Berbayar

  2. 2 Adriano Minami 25 Januari, 2009 pukul 7:06 pm

    Sayangnya masih belum dipublikasikan secara benar

    Masih banyak tuh yg ngerokok di tempat umum

    Adriano Minamis last blog post..Motor Vs Mobil

  3. 3 aNGga Labyrinth™ 28 Januari, 2009 pukul 1:29 am

    Sejujurnya diriku adalah penentang budaya merokok.

    Kebanyakan yang menentang fatwa haram itu adalah mereka yang berbisbis d bidang rokok, makanya klo fatwa nya kaluar mereka rugi.

    Fatwa berbeda dengan kebijakan/UU. klo kebijakan yaa emng memangdang untung-rugi, tapi klo namanya ijtima mah, kagak. yang memabukkan itu haram, titik.

    masih inget ada petani tembakau yang protes karena khawatir rugi, coba bilang ama dia “tau g klo yang bapak tanem itu bisa bunuh banyak orang?”. Pasti dia juga mikir.

    buset,,, komen udah kayak posting….
    Ayo berhenti merokok… 🙂

    aNGga Labyrinth™s last blog post..Parade Logo Budi Luhur

  4. 4 neorhazes 28 Januari, 2009 pukul 9:04 pm

    klo kata saya yah
    mendingan di-makruhin aja
    soalnya bisnis kita tergantung rokok banget sih..
    dan diharamin buat orang2 dibawah usia 17 tahun
    and..
    buat ibu2

    neorhazess last blog post..What’s Your Soundtrack?

  5. 5 Rukia 29 Januari, 2009 pukul 9:45 am

    Saya nggak suka pada perokok, so mau rokok diharamin juga nggak masalah buat saya 😉

    Rukias last blog post..Ini Tentang Negeriku

  6. 6 masamune11 3 Februari, 2009 pukul 10:42 am

    Karena saya tidak suka rokok dan tidak mau menjadi perokok aktif maupun pasif, saya senang akan poin ke-3… khususnya.

    Tapi saya meragukan komposisi rokok. Rokok kertas-celupin-ke-air-tembakau dan rokok tembakau-asli-tulen itu beda gak sih? Katanya lebih berbahaya rokok kertas…

    :d/

    masamune11s last blog post..Deretan Pelajaran


  1. 1 Rokok? Haram sekaligus Makruh Hukumnya! « Maxbreaker’s Base Camp Lacak balik pada 26 Januari, 2009 pukul 10:42 am
  2. 2 Facebook Haram! | Generasi Patah Hati Lacak balik pada 25 Mei, 2009 pukul 6:56 pm
  3. 3 Colon Cleanse Recipe Lacak balik pada 11 Mei, 2011 pukul 9:46 pm
  4. 4 Jetblue Promo Code Lacak balik pada 13 Mei, 2011 pukul 9:05 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 154,390 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: