Ujian Sekolah, Ujian Santai

Hari ini, berakhir sudah Ujian Sekolah. Ujian Sekolah yang dimulai Senin kemarin akhirnya usai juga. Ujian Sekolah kali ini mengujikan mata pelajaran PKn, Agama, TIK, Sejarah, Penjaskes Teori, Bahasa Daerah, dan Bahasa Asing. Pelajaran yang tidak penting bukan, karena tidak di Ujian Nasional-kan? (devil) *digampar guru mapel-mapel tersebut*. Ujian Sekolah ini sangat berbeda dengan Ujian Nasional kemarin. Berikut saya tuliskan perbedaannya.

Ujian Sekolah dan Ujian Nasional

  1. Ujian Nasional diselenggarakan secara nasional, soal dibuat oleh BSNP. Sedangan Ujian Sekolah, penyelenggaraannya adalah otonomi kabupaten, dan soal dibuat oleh dinas pendidikan kabupaten.
  2. Ujian Nasional dikoreksi di dinas pendidikan provinsi, dikoreksi oleh scanner dan komputer. Sedangkan Ujian Sekolah dikoreksi oleh sekolah masing-masing, dan korektornya adalah manusia, alias dikoreksi manual.
  3. Pengawas Ujian Nasional berasal dari sekolah yang berbeda-beda. Sedangkan Ujian Sekolah diawasi oleh guru sekolah yang bersangkutan.
  4. Ujian Nasional bisa lulus bisa tidak. Sedangkan Ujian Sekolah, pasti lulus :mrgreen:

Ujian Pasti Lulus

Sebagaimana poin perbedaan yang terakhir saya sebutkan tadi, ya Ujian Sekolah pasti lulus. Kenapa saya bisa berani-beraninya berkata begitu? Ujian Sekolah dikoreksi oleh sekolah masing-masing. Nah kalau untuk Ujian Nasional saja sekolah berusaha semaksimal mungkin agar siswanya lulus, tentu begitu pula dalam Ujian Sekolah. Terlebih yang megoreksi sekolah masing-masing. Tentu bila saat mengoreksi didapati siswa yang nilainya tidak lulus, ditambah sedikit lah agar mencapai batas lulus :D. Hal ini sudah menjadi rahasia umum, bahwa ujian sekolah itu sarat dengan pengkatrolan nilai dan ‘sedekah’ nilai dari para korektor yang memang guru siswa peserta tes sendiri. Menurut Permendiknas nomer 77 tahun 2008, salah satu syarat kelulusan adalah siswa harus lulus ujian sekolah. Tapi, sampai detik ini belum pernah saya mendengar bahwa ada siswa yang tidak lulus SMA, padahal UN nya lulus, tetapi Ujian Sekolahnya tidak lulus. Ya, begitulah adanya. Menurut saya pastilah ada guru atau sekolah yang ingin mengoreksi Ujian Sekolah dengan sebenar-benarnya, maksudnya tanpa konversi nilai. Tapi masalahnya, apakah bila ada siswa yang lulus UN tapi nilai Ujian Sekolahnya tidak lulus lalu sekolah berani menyatakan siswa itu tidak lulus SMA? Tentu tidak bukan? Kalau berani, tentu harus bersiap-siap didemo dan diprotes super keras oleh wali murid. Maka jadilah, Ujian Sekolah, Ujian pasti lulus :mrgreen:

Ujian Santai

Akibat dari hal-hal yang saya sebutkan di atas, Ujian Sekolah ini menjadi Ujian Santai. Ya mayoritas siswa menjalaninya dengan santai. Saya pribadi tidak santai, tetapi amat sangat santai :mrgreen: . Ya, Ujian Sekolah ini seperti menjadi anti klimaks dari Ujian Nasional. Tidak seperti saat UN kemarin yang dijalani dengan rasa tertekan dan khawatir, Ujian Sekolah bisa dijalani dengan santai. Saking santainya, saya belajar sedikit sekali untuk Ujian Sekolah ini, sampai-sampai dimarahi oleh Ibu saya :mrgreen: . “Jangan remehkan Ujian Sekolah!”, begitu kata beliau kepada saya. Tapi, ah, saya tetap saja santai 😛 .Yang saya herankan, walaupun sudah ada jaminan tak tertulis bahwa Ujian Sekolah pasti lulus, tetap saja teman-teman saya bekerja sama alias contek-contekkan saat mengerjakan Ujian Sekolah itu. Ah kalau sudah menjadi kebiasaan susah memang. Dan sampai detik ini, saya masih mengibarkan semangat kejujuran dan anti nyontek. Hidup kejujuran! Hidup Anti nyontek! (banana_cool)

Ujian Sekolah selesai sudah, tinggal ujian praktek kesenian minggu depan. Dan setelah itu tinggal menunggu tanggal 13 Juni datang, ya tanggal 13 Juni pengumuman hasil Ujian Nasional. Doakan saya lulus ya teman-teman, terima kasih 😀

24 Responses to “Ujian Sekolah, Ujian Santai”


  1. 1 akhy 7 Mei, 2009 pukul 12:19 pm

    pertamax dulu.. (hassle)

  2. 2 akhy 7 Mei, 2009 pukul 12:21 pm

    *mulai agak serius*
    ya,, udah jadi rahasia umum memang yg namanya ujian sekolah itu pasti lulus… jadi ya santae wae…
    *teringat seseorang yg pas uas bhs jepang malah bawa kalkulator ngoreksi jwbn uan fisikanya*

    akhy’s last blog post..WordPress Mobile

  3. 3 lulu laki laki yang luka di liku liku tak laku laku 7 Mei, 2009 pukul 3:02 pm

    semoga lulus,.. (applause)

    (seandainya kalo gwe ikutan UAN sekarang mungkin ikutan ujiannya sampe paket Z gk lulus2 loh :B )

  4. 4 Nazieb 7 Mei, 2009 pukul 4:10 pm

    Jiah, kalo aku dulu justru UAS lebih susah daripada UAN. Kalau UAN mah dipukul rata soalnya, jadi kita disamain dengan anak-anak yang sekolahnya kurang mampu di daerah terpencil. Malah guampang-gampang

    Sementara kalo UAS, karena yang bikin guru sendiri, jadinya mereka lebih tahu tingkat kemampuan muridnya. Yaaa meski akhirnya nilainya dikatrol juga.. 😛

    Nazieb’s last blog post..Sepakbola, Drama & Emosi

  5. 5 mbelGedez™ 7 Mei, 2009 pukul 6:19 pm

    .
    Makin ruwet aja sistimnya….

    Belom lagi ntar cari sekolah lebih lanjut. Mungkin Indon perlu niru Korea. Disana, yang sekolah SMA, tujuannya adalah ke perguruan tinggi macem jadi dokter insinyur. Yang sekolah STM kejuruan, berarti ke politeknik. Lulus langsung praktisi.

    Sedangkan yang ndak mampu keduanya, ya apa boleh buat, nyangkul ato jadi tukang cat….

    😀

    mbelGedez™’s last blog post..PENIPUAN DENGAN MODUS JUAL BLACKBERRY DAN NOKIA E90 MURAH….

  6. 6 Infinite Inficio 7 Mei, 2009 pukul 7:46 pm

    Iya, di sekolah saya juga pada asyik bertransaksi. Saya sih nggak ikut-ikutan dan emang ga diajak ikut-ikutan, hwakaa…

    Benar, di sekolah suka diancam bahwa pelajaran sampingan juga penting, bahwa bisa dibuat nggak lulus blah blah, tetapi sebenarnya sudah menjadi suatu hal yang lazim bagi siswa untuk mendapat nilai bagus saat UAS selama mengikuti dan nggak melewatkannya (saya waktu itu dapat nilai nyaris sempurna semua buat UAS SMP!). Kecuali gurunya memang dendam amat sama itu anak, nggak mungkin deh nggak dilulusin. Kalau nggak meluluskan murid juga, pasti deh kena kritik ortu (yang nggak mau nerima kalau anaknya memang malas, for most cases) dan sekolah (yang berurusan dengan reputasinya). Kyahaa~

    Eh, tapi kalau di sekolah saya UAS diperiksa scanner juga kok. Tapi scanner sekolah, yaaa… nanti kan tinggal dikatrol. *tenang-tenang juga*

    Infinite Inficio’s last blog post..Suggestive Spam

  7. 7 -tikabanget- 10 Mei, 2009 pukul 4:01 pm

    lalu semangat apa yang dirimu kibarkan untuk ujian nasional?
    hihihi..

    -tikabanget-’s last blog post..Musik yang memang untuk didengar ituh..

  8. 8 Asop 10 Mei, 2009 pukul 7:03 pm

    Adik saya juga kelas 3 SMA, dan syukur Alhamdulillah dia akan kuliah di ITB bareng saya… 😉

    Semoga kamu dapet nilai terbaik yah… amin!! (applause)

    Asop’s last blog post..Memajang Award (lagi)

  9. 9 heartbreaker 11 Mei, 2009 pukul 11:16 am

    ah…saya juga dulu seidealis kamu : ” Hidup kejujuran! Hidup Anti nyontek! ”
    tapi, gara2 UAN SMA semangat saya itu memudar *sigh!* karena dikhianati oleh guru favorit saya *beliau menyarankan untuk saling ‘membantu’ dalam ujian*
    mudah2an di perguruan tinggi nanti saya bisa menegagakkan kembali idealisme itu…. (gym)

    heartbreaker’s last blog post..iuchy tanya bagaimana cara membuat blog yang produktif? |blog penghasil uang 6juta per bulan| ??

  10. 10 Yari NK 12 Mei, 2009 pukul 5:15 am

    Kejujuran implikasinya luas, bukan hanya pada saat ujian saja, setiap sendi kehidupan memang harus selaras dengan kehidupan agar kita senantiasa dipercaya orang. Apalagi kalau sudah masalah korupsi…..

    Jadi, memang mulailah kejujuran dari hal2 yang kecil seperti ujian ini misalnya….. (peace)

    Yari NK’s last blog post..Galaksi Kita Bertabrakan, Akankah Kiamat?

  11. 11 Generasi Patah Hati 12 Mei, 2009 pukul 9:19 am

    @akhy
    Yap, santai kayak di pantai, mwuahahaha (banana_cool)
    @Mas Lulu
    Amin Mas. Wah jangan merendah begitu donk 😛
    @Nazieb
    Hidup katrol! Hahahaha (LOL)
    @Mbel
    Wah kapan ya Om, negara kita bisa niru Korea?
    @Infi
    Scanner seklolah saya rusak, dan LJK US di kabupaten saya mutunya sangat rendah :))
    @tikabanget
    semangat untuk lulus donk 😛
    @Asop
    Amin Mas 😀
    @heartbreaker
    wah sama! saya juga kecewa dengan bebrapa guru yang saya kenal ternyata menganjurkan kerjasama saat ujian 😦

  12. 12 missglasses 12 Mei, 2009 pukul 9:51 am

    hahaha, iya emang us jauh lebih santai, tp jangan lengah lho 😛

    missglasses’s last blog post..cerita untuk si kecil 😉

  13. 13 Rist Lawliet 12 Mei, 2009 pukul 11:24 am

    13 Juni itu yang SMA ya?

    yang SMP kapan ya? Hm…

    Tak doain lulus deh mas… :mrgreen:

  14. 14 Generasi Patah Hati 12 Mei, 2009 pukul 11:52 am

    @Yari NK
    betul pak, kejujuran itu harus dibiasakan dari hal-hal kecil 😀 (peace)
    @missglasses
    tentu, saya selalu siaga, hohohoh (banana_cool)
    @Rist Lawliet
    wah saya tak tahu SMP kapan. Terima kasih doanya 😀

  15. 15 *hari 12 Mei, 2009 pukul 8:42 pm

    hehehe mungkin saya ini termasuk generasi Ujian yg sudah pasti lulus, maklum aja dulu rasanya ngga ada UN-UNan 😛

    *hari’s last blog post..Met Ultah Stesha..

  16. 16 *hari 12 Mei, 2009 pukul 8:46 pm

    wew…sejak kapan saya pake Mac OS X ya? oia saya jg ngga pake Safari lho..

    *apa ini sebuah pertanda saya akan memiliki macbook? (banana_cool)

    *hari’s last blog post..Met Ultah Stesha..

  17. 17 gempur 13 Mei, 2009 pukul 2:54 pm

    ada kok sekolah swasta yg tidak meluluskan siswanya meski un-nya lulus, meski kecil prosentasenya dan itu terjdi 2 thn lalu, mudah2an saya tidak lupa, karena saya sendiri yg rekap nilainya.

    gempur’s last blog post..About May in My Mind

  18. 18 edy 14 Mei, 2009 pukul 8:37 pm

    yaa smoga cepat lulus, nak… :mrgreen:

    edy’s last blog post..batu, bom waktu, tajam, mengancam

  19. 19 Adriano Minami 14 Mei, 2009 pukul 8:49 pm

    Kalo pasti lulus kenapa perlu diujikan lagi? Hehehe 😀
    Memang aneh dasar negara ini…

    Adriano Minami’s last blog post..11 Tahun Lalu…

  20. 20 Nixfar 17 Mei, 2009 pukul 8:35 am

    hahaha…. emang bener, ujian sekolah paling nyantai…. (dance)
    pengawas ujian sekolah emang paling gokil dah….. (rock)

    Nixfar’s last blog post..Ada yang Percaya Ramalan??

  21. 21 akhy 19 Mei, 2009 pukul 1:42 am

    @*hari
    kayaknya useragent switcher (annoyed)

    akhy’s last blog post..(akhirnya) ngepost lagi

  22. 22 nurkha 10 Juni, 2009 pukul 7:58 pm

    hufh.. negara mnt generasi yang jelas dan pasti dengan skilL nya.. tapi para generasi masih di kecewakan dengan k tidak jelasan tentang hasil pengumuman Unas..
    apa kata dunia?????
    (angry)
    (gph)


  1. 1 Women Church Suits Lacak balik pada 13 Mei, 2011 pukul 4:54 am
  2. 2 free website Lacak balik pada 13 Mei, 2011 pukul 7:02 am

Tinggalkan Balasan

Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 159,743 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

