Mewujudkan PLN Hebat melalui Optimisasi 4 Lini Kerja PLN

Listrik saat ini menjadi sumber energi utama penggerak kehidupan. Hampir semua alat-alat yang mendukung kehidupan manusia kini membutuhkan listrik sebagai sumber energi utamanya. Di bidang produktifitas misalnya, komputer, laptop, mesin fotokopi, printer, semuanya membutuhkan listrik agar bisa bekerja. Pun begitu di bidang hiburan, televisi, pemutar DVD, bahkan alat-alat musik moderen kini butuh listrik agar bisa hidup. Jadi bisa dikatakan bahwa manusia era modern hidupnya sangat bergantung pada listrik.

Nah di Indonesia ini, urusan penyediaan listrik ditangani oleh perusahaan plat merah alias BUMN yang bernama PT. PLN (Persero). Namun dalam kinerjanya, PLN masih belum maksimal, hal ini ditandai dengan masih sering terjadinya pemutusan listrik sementara, yang kadang berlangsung berjam-jam, terutama di daerah luar jawa.
Dulu, sebelum saya masuk kuliah, tepatnya waktu masih SD sampai SMA, saya sering marah-marah ketika tiba-tiba listrik mati apalagi mati selama berjam-jam. Nah kemudian saya pun masuk kuliah, kebetulan saya kuliah di Teknik Elektro, pandangan saya pun kemudian berubah drastis. Sejak saya kuliah saya akhirnya memahami bahwa kerja PLN dari mulai membangkitkan listrik sampai akhirnya listrik dapat dinikmati konsumen itu tidak mudah loh. Jadi saya maklum apabila kadang terjadi gangguan atau perbaikan yang mengharuskan listrik mati untuk sementara waktu.

Nah dalam tulisan singkat di blog saya ini, saya ingin menyumbang sedikit ide untuk mewujudkan kinerja PLN yang lebih baik, semoga saja ide yang saya tuliskan ini bisa bermanfaat untuk PLN 😀
Secara umum, bisnis PLN dapat dibagi ke empat lini, nah saya ingin menyumbangkan ide saya untuk optimisasi keempat lini tersebut. Lini-lini tersebut antara lain

1. Pembangkitan Listrik
Pembangkitan listrik ini adalah tahap awal dalam proses penyediaan listrik oleh PLN untuk konsumen. Nah sepengetahuan saya, ada 2 masalah di lini pembangkitan ini antara lain :
a. Saat ini ongkos pembangkitan listrik sangat mahal dikarenakan banyak pembangkit listrik yang salah ‘minum’. Maksudnya adalah tidak sedikit PLTG yang seharusnya berbahan bakar gas, tapi pada prakteknya diberi bahan bakar solar (BBM) dalam pengoperasiannya. Hal ini mengakibatkan pemborosan dalam biaya pembangkitan listrik. [1]
Ide saya untuk mengatasi persoalan ini adalah, PLN harus memperkuat kerjasama dengan Pertamina dan Perusahaan Gas Negara (PGN) dan mendesak pemerintah melalui kementrian ESDM untuk membangun fasilitas penyaluran gas ke pembangkit-pembangkit tersebut.

b. Banyak daerah yang belum teraliri listrik karena tidak adanya pembangkit listrik.
Ide saya untuk mengatasi persoalan ini adalah PLN harus memperbanyak penggunaan Energi baru terbarukan (EBT) untuk penyediaan listrik di daerah terpencil misalnya menggunakan pembangkit mikro hidro dan tenaga surya.

2. Transmisi Tenaga Listrik
Transmisi tenaga listrik adalah proses penyaluran listrik yang telah dibangkitkan pembangkit untuk dikirimkan ke gardu Induk. Ide saya untuk optimalisasi lini ini adalah dengan menggunakan FACTS pada saluran transmisi

3. Distribusi Tenaga Listrik
Distribusi tenaga listrik adalah proses penyaluran listrik dari gardu induk sampai akhirnya tiba di rumah konsumen. Ide saya untuk optimalisasi lini ini adalah dengan cara merapikan jalur-jalur saluran distribusi yang semrawut agar lebih tertata rapi.

Selain itu untuk daerah padat penduduk, baiknya trafo distribusi jumlah disesuaikan dan kalau perlu ditambah lagi

4. Layanan Konsumen
Ini adalah lini yang merupakan interaksi PLN langsung orang per orang ke konsumen. Ide saya untuk optimalisasi lini ini adalah dengan cara meningkatkan transparansi kerja dan mutu layanan ke konsumen.

Referensi :

[1] http://finance.detik.com/read/2012/10/25/131828/2072805/1034/dahlan-iskan-pln-sudah-rugi-sejak-zaman-majapahit

Iklan

1 Response to “Mewujudkan PLN Hebat melalui Optimisasi 4 Lini Kerja PLN”


  1. 1 brillie 21 Oktober, 2014 pukul 4:28 pm

    artikel Mewujudkan PLN Hebat melalui Optimisasi 4 Lini Kerja PLN ini sangat menarik dan menginspirasi.

    Ternyata banyak sekali ya masukan dari blogger untuk membuat PLN lebih baik.

    Postingan ini diikutkan lomba blog Ideku untuk PLN ya?

    Good luck ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 159,489 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: