Test Schlumberger – Pengalaman Kedua

Iklan Baris :

Jasa Edit Warna Background Pas Foto, ganti pakaian di pas foto ke jas/kemeja.

Murah , mulai dari 15 ribu rupiah saja.

Minat WhatsApp ke nomer 08 sebelas 8035506

Kemarin, tepatnya tanggal 25 maret 2014 aku mengikuti test schlumberger. Ini kedua kalinya aku ikut test untuk masuk perusahaan service oil terbesar di dunia ini. Walaupun belum lulus, aku nyoba-nyoba aja ikutan. Soale memang schlumberger membuka kesempatan buat mahasiswa tingkat akhir yg belum lulus untuk ikuten testnya.

Sedikit flashback saat mengikuti tes pertama, waktu tes pertama di November 2013 langkahku terhenti di tahap technical/aptitude test. Nah di tes yang kedua kalinya ini Alhamdulillah ada kemajuan, aku melangkah sampai tahap 3 yaitu FGD walaupun akhirnya harus terhenti secara tragis di FGD, hehehe. Sedikit penjelasan mengenai tes masuk schlumberger berdasar pengalamanku :

-Dalam satu tahap tes menuju tes lainnya sistem yang dipake adalah sistem gugur.

 1. Communication Test

Di test pertama ini, sistemnya adalah wawancara singkat selama maksimal 3 menit. Di depan sudah bersiap 3-4 inteviewer, nah cara majunya gak urut nomer peserta, yang merasa siap ya udah maju aja. begitu maju, kita dikasih kartu secara acak sama sang interviewer. Nah kita disuruh menjelaskan gambar yang ada di kartu itu dalam bahasa Inggris maksimal secara 3 menit.

Pada saat test pertama di bulan november, aku dapet gambar truk. Nah aku jelasin aja tuh kalau truk itu kendaraan besar yang memiliki kelebihan berupa tenaga, bisa mengangkut barang, trus digunakan banyak industri dan lain lain, dalam bahasa Inggris tentunya

Untuk test yang kemarin baru aja ini, 25 Maret, aku dapet gambar raja. Nah aku jelasin bahwa raja itu adalah pemimpin suatu negara, trus raja itu banyak terdapat di jaman2 dulu waktu sistem dunia sebagian besar masih menganut kerajaan, tapi di masa modern sebagian besar sudah beralih ke sistem presiden, trus aku juga terangkan kalau beberapa negara di masa modern ini masih menganut sistem kerajaan dengan raja atau ratu sebagai kepala negaranya, semisal thailand atau Inggris, tapi disana raja sebatas jadi simbol pemersatu, sedangkan kepala pemerintahannya dijalankan oleh perdana mentri, trus aku juga jelaskan di Indonesia ini , Jogja juga memiliki raja.

Sebagai informasi, teman-temanku ada yang dapat gambar leher, buah kiwi, mobil pemadam kebakaran, tikus, sepeda, speedboat, balon udara, dan amplop.

Untuk test tahap 1 ini baik di test pertama maupun kedua Alhamdulillah aku lolos.

2. Technical/Aptitude Test

Tes kedua ini adalah tes tertulis,waktu ngerjakan 1 jam dan terdiri dari 5 bagian. Bagian 1 Fisika Dasar pilihan ganda , isinya meliputi katrol, trus hukum newton, fluida, trus torsi, tekanan, dll. Bagian 2 isinya matematika dasar pilihan ganda  juga, sebenarnya sederhana, cuma ngitungnya ribet, contohnya nih, suruh ngitung volume tabung, nah diketahui kapasitas tabung dalam liter per feet, sedangkan tinggi diketahuinya dalam meter, trus pilihan jawabannya dalam gallon, nah lho soal sederhana tapi konversi satuannya bikin lama bro, padahal waktunya kan terbatas. Trus ada juga ngitung luas dalam arsiran , diketahui dalam feet dan pilihan jawabannya dalam meter. Bagian 3 Fisika Elektro pilihan ganda juga, nah berhubung aku anak elektro bagian ini yang biasanya kukerjakan duluan, hehehe. Isinya sederhana kok, hukum dasar rangkaian aja. Trus bagian 4 semacam test logika gitu. Bagian 5, kita disuruh gambar 3 dimensi sebuah bangun yang diketahui tampak depan dan tampak atasnya.

Pas nyoba test schlumberger pertama kali di November 2013 aku gak lolos di tes technical/aptitude ini. Nah di test yang kemarin ini 25 Maret 2014 Alhamdulillah aku lolos

3. Test Focus Group Discussion

Di tes ini , kita dibentuk grup, satu grup isinya 7 orang. nah kita dikasih kasus tiap-tiap grup ini. kasusnya ada 12 orang tersisa di Indonesia saat terjadi bencana besar, dan kita hanya bisa milih 4 orang untuk diselamatkan. Kita harus tentukan siapa aja 4 orang ini. Dari yang aku inget antara lain 12 orang itu ada dokter spesialis flu, ahli pangan biologi, agamawan, electrician, mechanical engineer, tentara dengan pengalaman 15 tahun, polisi dengan pengalaman 20 tahun, guru, sisanya rada lupa hehe. Trus setelah kita milih 4 orang itu. Kita diskusi lagi buat ngedesain sebuah kendaraan untuk mengangkut ke-4 orang itu menuju tempat aman di negara lain. nah kendaraan itu harus bisa jalan di darat maupun air. Setelah selesai diskusi kita disuruh mempresentasikan hasil diskusi kita. Nah kesalahanku tentu saja kurang aktif di sesi ini, jadilah aku gak lolos deh, heuheuheu.

tapi gak apa-apa, Alhamdulillah banyak dapat pengalaman berharga dari 2 kali ikut tes schlumberger.

Target selanjutnya adalah BP alias British Petroleum, semoga kali ini bisa terus melaju sampai diterima kerja, aamiin 😀

Iklan

1 Response to “Test Schlumberger – Pengalaman Kedua”


  1. 1 Puteri Nurma 4 Agustus, 2014 pukul 9:04 pm

    Fadhil… semangat yaaah.
    Cie uwes lulus :p


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Pemilik Blog :

Fadhilla Tresna Nugraha alias Fadhil alias Fadhil Bedhil
Electrical Engineer jebolan Teknik Elektro UGM, sedang dalam perjalanan meraih cita-cita dan cinta-cinta

Bisa dihubungi lewat jalur berikut :

Tulisan Terbaru

Dilihat sebanyak

  • 159,490 kali

Jumlah Pengunjung Saat Ini

website stats

%d blogger menyukai ini: